Latih Keperibadian dan Mental, 1.500 Siswa SMP Ikut Jambore Cikarang Selatan

Laporan: Rias Audis
Senin, 14 Agustus 2023 | 09:39 WIB
Suasana Jambore Cikarang Selatan (Sinpo.id/Pemkab Bekasi)
Suasana Jambore Cikarang Selatan (Sinpo.id/Pemkab Bekasi)

SinPo.id -  Sebanyak 1.500 Pramuka Penggalang dari 50 pangkalan mengikuti Jambore Ranting Kwartir Ranting Cikarang Selatan, yang bertempat di Kampung Simpur, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan.

Camat Cikarang Selatan, Muhammad Said mengungkapkan, momentum tersebut baik untuk jadi sejarah bagi anak-anak, khususnya Pramuka tingkat penggalang di wilayahnya, agar belajar disiplin, mengenal karakter, dan bekal-bekal kepemimpinan. 

"Tentu harapan kita dengan adanya Jambore Ranting ini dapat melahirkan karakter-karakter yang bagus, kemudian budi pekerti yang baik kepada anak-anak kita di tingkat pramuka penggalang," Ujar Said dikutip dari Website resmi Pemkot Bekasi, Senin, 14 Agustus 2023.

Said menambahkan, peserta perkemahan dapat mengikuti semua komando dan arahan dari pembina, pembimbing dan pengasuh. 

Sehingga banyak pesan dan pelajaran yang sangat berharga untuk bisa meniti karir dan cita-cita di masa yang akan datang. 

"Anak-anak ini dilatih bagaimana disiplin, bagaimana hidup tertib, bagaimana solidaritas, bagaimana bermasyarakat hidup dalam bersosial dan bagaimana mempersiapkan diri menjadi calon-calon pemimpin masa depan baik untuk bangsa dan umat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Jambore Ranting Kwarran Cikarang Selatan, Zifora menjelaskan, persiapan pelaksanaan Jambore Ranting kali ini berbeda dengan sebelumnya, dimana warga Cikarang Selatan turut memberikan masukan kepada Kwarran Cikarang Selatan agar bertempat di wilayahnya. 

"Jadi ada kolaborasi antara warga setempat dengan Kwarran Cikarang Selatan. Mereka memberikan ide lokasi kemudian seperti sebelumnya kita melakukan survei lapangan, dan mereka memberikan ijin untuk pelaksanaan perkemahan ini bertempat di sana," jelasnya. 

Zifora berharap peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian acara hingga puncak akhirnya saat HUT Pramuka dengan ceria, bersemangat, berdedikasi, dan terakhir menunjukkan sikap cinta budaya indonesia sesuai dengan tema Jambore Ranting tahun ini

BERITALAINNYA
BERITATERKINI