Masjid Syiah Iran Diserang Teroris, Empat Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 14 Agustus 2023 | 09:27 WIB
Suasana evakuasi korban di masjid Syiah (Sinpo.id/Reuters)
Suasana evakuasi korban di masjid Syiah (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Masjid muslim Syiah di kota Shiraz, Iran selatan, diserang oleh teroris pada Minggu 13 Agustus 2023. Menurut media pemerintah Iran, setidaknya empat orang tewas dalam serangan itu, dan satu orang pelaku telah ditangkap.

Serangan itu juga melukai sedikitnya tujuh orang, termasuk dua orang pekerja di masjid dan dua orang pengunjung. Hingga saat ini, area masjid, termasuk toko-toko yang berada di daerah itu ditutup oleh pasukan keamanan.

"Itu terjadi sekitar pukul 19:00 waktu setempat (15:30 GMT) seorang teroris bersenjata memasuki area masjid dan mulai menembak. Lalu dia ditangkap," kata Gubernur Provinsi Fars, Mohammad Hadi Imaniyeh, dilansir sari Reuters, Senin 14 Agustus 2023.

Dari video yang beredar di media pemerintah Iran, terlihat para jemaah yang panik berlari untuk menemukan kerabat mereka dengan pakaian berlumuran darah setelah serangan itu.

Meski demikian, hingga kini belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di masjis Shah Cheragh tersebut. Namun menurut kantor berita negara IRNA, serangan itu dilakukan oleh teroris.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2022, kelompok militan ISIS mengaku telah melancarkan serangan di masjid Syiah yang menewaskan 15 orang.

Tak hanya itu, bahkan di tahun 2017, ISIS juga telah mengklaim serangan mematikan menggunakan bom kembar, yang menargetkan parlemen Iran dan makam pendiri Republik Islam, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI