Serpong Disebut Sebagai Kawasan Terpolusi, BRIN Diminta Segera Verifikasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 11 Agustus 2023 | 15:56 WIB
Ilustrasi polusi udara (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi polusi udara (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mendesak BRIN untuk segera memverifikasi kebenaran dari pemberitaan dari lembaga Nafas Indonesia yang mengklaim bahwa kawasan Serpong disebut-sebut sebagai kota terpolusi secara nasional.

"Ini penting untuk memastikan bahwa kawasan Puspiptek Serpong, dimana di dalamnya beroperasi banyak laboratorium riset dan laboratorium uji, termasuk Techno Park, bukanlah kawasan sumber polutan tersebut," kata Mulyanto, Jumat 11 Agustus 2023.

Menurutnya, verifikasi juga dapat mengurangi keresahan warga Serpong mengenai polusi udara yang tidak sehat. Karena dengan munculnya klaim tersebut, daerah Serpong dianggap tidak sehat untuk dihuni.

"Secara pribadi saya ragu atas hasil pengukuran Nafas ini, mengingat saya sendiri tinggal di Kota Tangsel yang relatif sedikit industri dibandingkan dengan Kota Tangerang atau Kabupaten tangerang. Selain itu Nafas menggunakan low cost sensor yang juga diragukan akurasinya," ungkapnya.

"Nafas juga tidak menjelaskan sumber-sumber polutan yang menyebabkan Kota tangsel disebut sebagai kota yang paling berpolusi secara nasional," katanya menambahkan.

Oleh karena itu, Mulyanto meminta BRIN untuk segera melakukan pengukuran mandiri agar dapat memverifikasi klaim Nafas Indonesia tersebut. Terlebih BRIN juga memiliki unit riset terkait kesehatan lingkungan serta perangkat monitoring lingkungan yang canggih.

"Sebaiknya alat tersebut digunakan untuk meneliti kasus ini lebih dalam. Ini juga sekaligus sebagai bentuk kontribusi BRIN Kawasan Puspiptek Serpong dalam upaya membantu peningkatan kesehatan lingkungan warga di sekitar kawasan," tegasnya.sinpo

Komentar: