Beli Ratusan Motor Listrik Untuk Dishub, Pemprov DKI Habiskan Rp7 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 11 Agustus 2023 | 15:20 WIB
Penyerahan motor listrik untuk Dishub DKI (SinPo.id/ PPID DKI)
Penyerahan motor listrik untuk Dishub DKI (SinPo.id/ PPID DKI)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyerahkan sebanyak 186 kendaraan dinas operasional (KDO) berupa motor listrik untuk lima wilayah di Ibu Kota. 

Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono mengatakan, penggunaan motor dinas listrik tersebut menjadi salah satu upaya Pemprov DKI dalam mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Saya bersama Kepala Dinas Perhubungan di kantor beliau, Kepala Badan Lelang DKI dan Pak Wakil Kepala Dinas Perhubungan, menyerahkan 186 kendaraan operasional roda 2, operasional Dishub berbasis baterai dan diserahkan di 5 wilayah," kata Heru dalam keterangannya, Jumat 11 Agustus 2023.

Heru menjelaskan, pengadaan kendaraan dinas berbasis baterai ini dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, masih sebanyak 186 motor, dari total yang direncanakan sebanyak 800 kendaraan roda dua berbasis baterai.

Sementara itu, pengadaan 186 motor yang dibagikan tersebut telah menelan anggaran sebesar Rp 7 miliar. "Anggarannya totalnya Rp 7 miliar, tapi ini, kan, semuanya nanti bertahap, ya, ada total berapa, ya? Kendaraan dinas 800," ujarnya.

Lebih lanjut, Heru menyebut penggunaan kendaraan dinas berbasis baterai ini juga untuk membantu mengurangi emisi gas, yang bisa meningkatkan polusi udara. 

Dengan adanya langkah ini juga dapat diharapkan membuat masyarakat perlahan tertarik untuk beralih ke kendaraan berbasis listrik.

"Kalau mau beli kendaraan roda dua ya beralih ke listrik, saya rasa harganya tidak mahal. Harapannya, warga pun pelan-pelan beralih ke kendaraan listrik," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI