Selasa Ini, Pertemuan Menlu ASEAN ke-56 Resmi Dimulai

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 11 Juli 2023 | 04:50 WIB
ASEAN Senior Official Meeting (Kementerian Luar Negeri)
ASEAN Senior Official Meeting (Kementerian Luar Negeri)

SinPo.id -  Pertemuan Menlu ASEAN ke-56 dan Mitra Wicara ASEAN atau 56th ASEAN Ministerial Meeting/Post Ministerial Conference (AMM-PMC) akan dimulai besok 11 Juli, hingga 14 Juli 2023.

“Pertemuan Pejabat Senior ASEAN telah diselenggarakan hari ini di Hotel Shangri-la, Jakarta, mendahului rangkaian AMM-PMC," ujar Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto R. Suryodipuro, selaku ASEAN Senior Officials' Meeting (SOM) Leader Indonesia dan memimpin berjalannya pertemuan dimaksud. 

Para pejabat senior dari kesepuluh negara ASEAN dan Timor Leste hadir membahas program prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN, penguatan kerja sama dengan mitra eksternal ASEAN, serta persiapan rangkaian Pertemuan Menlu ASEAN ke-56. Telah dibahas juga sejumlah prioritas Keketuaan Indonesia diantaranya penguatan kapasitas dan institusi ASEAN serta implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP).  

Pertemuan Pejabat Senior ASEAN kemudian dilanjutkan dengan pertemuan Komite Eksekutif Komisi Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone – SEANWFZ) yang menegaskan pentingnya kerja sama regional dalam menjaga kawasan bebas senjata nuklir serta memperkuat keamanan regional.

Hasil dari kedua pertemuan ini akan dibahas lebih lanjut pada tingkat menteri luar negeri ASEAN esok hari. 

Para Menlu ASEAN dan negara-negara mitra wicara akan mulai membahas sejumlah isu dalam rangka mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan serta kerja samanya dengan pihak-pihak di luar kawasan. 

Dengan tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, Indonesia mendorong pentingnya sentralitas ASEAN dalam menghadapi berbagai tantangan global dan meningkatkan kerja sama antarnegara anggota di bidang ekonomi, keamanan dan pembangunan.

Rangkaian AMM-PMC akan diikuti oleh 29 negara, bersama Sekretariat ASEAN and Uni Eropa, serta dihadiri oleh lebih dari 1.100 anggota delegasi. sinpo

Komentar: