Ini Resep Membuat Jelly Kelapa Muda, Kudapan yang Populer di Thailand

Laporan: Rias Audis
Jumat, 30 Juni 2023 | 18:16 WIB
Jelly kelapa muda (SinPo.id/ Thinkstockphotos)
Jelly kelapa muda (SinPo.id/ Thinkstockphotos)

SinPo.id - Kelapa muda umumnya diolah menjadi minuman manis atau sering disebut es kelapa muda. Mungkin sajian es seperti itu sudah biasa, jika ingin mencoba kelapa muda versi lain yang juga enak dan unik, jelly kelapa muda bisa menjadi salah satu alternatif.

Kudapan ini sebenarnya populer di Thailand, dan belakangan digemari di Indonesia. Untuk membuatnya juga cukup mudah, dan dapat dibuat sendiri di rumah.

Pertama, siapkan dua buah kelapa muda utuh, satu bungkus bubuk jeli, 3-4 sdm gula pasir (sesuai selera), 300 ml air, dan satu lembar daun pandan.

Setelah bahan siap, mari kita ke proses pembuatan. Awlanya potong bagian atas kelapa muda utuh, jangan dibelah karena nanti akan dibuat wadah jeli.

Lalu tuangkan air kelapa muda ke dalam wadah. Keruk dagingnya, dan letakkan di wadah lain.

Saring air kelapa muda ke dalam panci. Tambahkan daun pandan, air dan gula. Panaskan, masukkan bubuk jeli lalu aduk rata hingga larut. Begitu mendidih, langsung matikan. 

Tuangkan air jeli ke dalam masing-masing batok kelapa. Kemudian masukkan daging kelapa muda, diamkan mendingin hingga keras.

Jika masih ada sisa, tuang ke dalam cetakan gelas-gelas dan diamkan hingga jadi jeli. Simpan jelly di dalam kulkas, dan nikmati selagi dingin.

Selain enak dan menyegarkan, kelapa muda juga sudah dikenal sebagai salah satu buah yang kaya nutrisi dan manfaat kesehatan, seperti menguatkan imun tubuh. Tidak hanya itu, kelapa muda juga mempercepat kesembuhan penyakit, menangkal racun, menurunkan kolesterol hingga menghilangkan dehidrasi. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI