Polri Harus Siap Dikritik Agar Jadi Organisasi Modern

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 22 Juni 2023 | 13:46 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit (Sinpo.id/Div Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit (Sinpo.id/Div Humas Polri)

SinPo.id -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Polri harus bisa menerima kritik dari publik. Polri, kata Sigit, juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi organisasi modern yang tidak antikritik. 

"Polri harus mempersiapkan diri sebagai organisasi modern, siap membuka diri, menerima koreksi, dan tentunya tidak antrikritik,” ujar Sigit di acara Kompolnas Award 2023, Rabu, 21 Juni 2023.

Sigit mengatakan, saat ini memasuki era jurnalisme warga, di mana hal-hal positif bisa menjadi negatif jika terjadi penyimpangan. Untuk itu, keterbukaan itu perlu di era digital dengan konektivitas yang tinggi. 

"Setiap masyarakat bisa menjadi sumber berita, sehingga di manapun kita berada tidak ada lagi yang bisa kita sembunyikan,” ucapnya. 

Menurut Sigit, masyarakat kini mengetahui apapun yang dilakukan anggota Polri di era digital ini.  Dia menyebut, citra polisi dapat ditentukan dari apa yang diviralkan oleh masyarakat. 

"Ini adalah risiko yang kita di dalam era yang sekarang ini,” kata Sigit. 

Lebih jauh, Sigit meminta, agar jajarannya untuk meninggalkan kebiasaan lama yang mempertahankan zona nyaman apabila ingin menjadikan Polri yang modern. 

"Ada jatuh, kita perbaiki dan kita bangkit lagi. Dan saya melihat bahwa semangat itu ada pada seluruh anggota yang saat ini hadir di tengah-tengah ini,” tuturnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI