Ledakan di Rue Saint-Jacques Paris, Puluhan Orang Terluka

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 22 Juni 2023 | 09:24 WIB
Rue Saint-Jacques Paris berkobar akibat ledakan (Sinpo.id/AP)
Rue Saint-Jacques Paris berkobar akibat ledakan (Sinpo.id/AP)

SinPo.id -  Sebuah ledakan dahsyat membelah Rue Saint-Jacques, yang membentang dari Katedral Notre-Dame de Paris ke Universitas Sorbonne, sekitar pukul 16.55 waktu setempat. Ledakan itu melukai 37 orang, dan empat di antaranya dalam keadaan kritis.

Belum diketahui pasti penyebab dari ledakan tersebut, namun indikasi awal menyebut bahwa ledakan berasal dari dalam gedung yang runtuh, dan hingga saat ini, penyelidikan masih terus dilakukan.

Menteri Dalam Negeri, Gerald Darmanin, mengatakan anjing pelacak telah mencium bau di bawah gundukan reruntuhan batu dari bangunan yang hancur dan berserakan di Rue Saint-Jacques.

"Mungkin malam ini kami akan menemukan jenazah atau mungkin korban selamat," kata Darmanin kepada wartawan di lokasi ledakan, dilansir dari CNA, Kamis 22 Juni 2023.

Daerah tersebut juga sering dikunjungi oleh turis dan mahasiswa asing setiap awal musim panas. Tetapi tidak ada indikasi langsung bahwa ada orang asing di antara para korban.

Di samping itu, Rue Saint-Jacques melewati Latin Quarter, juga terkenal sebagai rumah bagi banyak penulis, musisi, dan seniman ekspatriat dan Prancis selama bertahun-tahun.

"Saya sedang menulis di rumah. Saya pikir itu adalah bom," kata sejarawan seni Monique Mosser, menambahkan bahwa banyak jendela di gedungnya yang pecah akibat gelombang kejut dari ledakan tersebut.

"Seorang tetangga mengetuk pintu dan memberi tahu saya bahwa pemadam kebakaran meminta kami untuk mengungsi secepat mungkin. Saya mengambil laptop saya, telepon saya. Saya bahkan tidak berpikir untuk mengambil obat saya," katanya menambahkan, seraya menggambarkan kepanikan yang terjadi.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI