Denny Indrayana Sebut Anies Bakal Jadi Tersangka KPK, Sudirman Said: Early Warning

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 21 Juni 2023 | 20:06 WIB
Jubir Koalisi Perubahan Sudirman Said (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Jubir Koalisi Perubahan Sudirman Said (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Juru Bicara (Jubir) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Sudirman Said merespon terkait pernyataan mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana bahwa Anies Baswedan akan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus Formula E. 

Menurut Sudirman, pernyataan dari Denny hampir selalu menjadi kebenaran. Menurutnya, sebagai akademisi Denny hampir tidak mungkin mengarang sebuah cerita atau informasi. 

"Prof Denny itu hampir seluruh yang dikatakan itu menjadi kebenaran ya, ya dia seorang intelektual, seorang akademisi lah tidak mungkin ngarang-ngarang," ujar Sudirman di Sekretariat KPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Juni 2023.

Sudirman menganggap, jika pernyataan dari Denny menjadi sebuah peringatan untuk KPP agar selalu waspada. Namun, dia berharap bahwa pernyataan Denny tidak menjadi kenyataan. 

"Kita memberi apresiasi karena yang disampaikan prof Denny semacam early warning, jangan sampai itu terjadi gitu," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sudirman menegaskan, pihaknya bakal melawan dengan opini publik jika Anies ditersangkakan dalam rangka penjegalan untuk menjadi calon presiden pada pemilu 2024 mendatang. 

"Kalau itu bagian dari langkah politik penjegalan orang atas hak politiknya itu harus dilawan. Dan cara melawan dengan opini publik karena ini ranahnya publik bukan pribadi," ucap Sudirman. 

Dia menambahkan, semoga jangan sampai penyalahgunaan hukum itu terjadi. Dia pun berharap dan berdoa agar KPK tetap menjadi lembaga yang independen. 

"Saya kira ini bukan karangan karena dari waktu ke waktu muncul keputusan macam itu. Dan sekarang dalam urusan KPK kita berdoa tidak terjadi begitu," ujar dia. sinpo

Komentar: