Ukraina Klaim Sedang Gencarkan Serangan Balasan

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 11 Juni 2023 | 00:30 WIB
Pertemuan PM Canada, Justin Trudeau dengan Presiden Ukraina, Zelenskyy (Sinpo.id/Getty Images)
Pertemuan PM Canada, Justin Trudeau dengan Presiden Ukraina, Zelenskyy (Sinpo.id/Getty Images)

SinPo.id -  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiyy mengklaim saat ini serangan balasan Ukraina terhadap pasukan Rusia sedang berlangsung. Namun demikian ia masih merahasiakan detailnya.

"Serangan balasan dan tindakan pertahanan sedang berlangsung di Ukraina, tetapi saya tidak akan menjelaskan secara detail sudah di tahap apa," kata Zelenskyy dalam pers bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang sedang mengunjungi Kiev, Sabtu, 10 Juni 2023.

Dia juga mengatakan para jenderal Ukraina "sangat bersemangat" untuk menjalankan misi tersebut.

"Mereka semua sangat bersemangat. Sampaikan itu kepada (Presiden Rusia Vladimir) Putin," ujar Zelenskyy.

Selama berbulan-bulan, Kiev telah mempersiapkan rencana untuk melancarkan serangan balasan guna merebut kembali daerah-daerah yang diduduki Rusia di bagian selatan dan timur Ukraina.

Namun, Ukraina membantah telah memulai operasi utama untuk saat ini.

Rusia mengatakan Ukraina melancarkan serangan besar-besaran minggu ini, tetapi pasukan Kiev gagal menembus pertahanannya meskipun serangan itu menimbulkan banyak korban.

Dengan sedikit laporan independen dari garis depan, sulit untuk menilai keadaan di medan pertempuran.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Ukraina telah melakukan operasi signifikan di beberapa bagian timur dan selatan dalam 48 jam terakhir, ketika pertahanan Rusia ditembus di beberapa tempat.

“Di beberapa daerah, pasukan Ukraina kemungkinan membuat kemajuan yang baik dan menembus garis pertama pertahanan Rusia. Di tempat lain, kemajuan Ukraina lebih lambat,” kata Inggris.
sinpo

Komentar: