Pilpres 2024

Demokrat: Koalisi Perubahan Semakin Solid Bila Anies Segera Umumkan Nama Bakal Cawapres

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 09 Juni 2023 | 09:57 WIB
Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution. (SinPo.id/Dok.Pribadi)
Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution. (SinPo.id/Dok.Pribadi)

SinPo.id - Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution menyatakan bahwa Koalisi Perubahan untuk Perbaikan (KPP) akan semakin solid bila Anies segera mengumumkan nama bakal calon wakil presiden (cawapres).

Menurutnya, langkah itu sekaligus akan mampu membangun orkestrasi yang harmonis antara parpol anggota KPP yakni Partai Demokrat, PKS, dan Partai NasDem dengan rakyat serta relawan.

"KPP akan semakin solid, kuat dan tegar sehingga sulit digoyahkan apabila Anies Baswedan sebagai bacapres segera mengumumkan bacawapres KPP," kata Syahrial lewat pesan singkat pada Jumat, 9 Juni 2023.

Ia berkata, KPP yang mengusung ide perubahan berseberangan dengan status quo yang memaksakan idenya kepada capres hasil cawe-cawe penguasa. Menurutnya, hal itu akan terus membuat KPP mendapatkan tekanan dan upaya pecah belah bila tidak semakin solid.

Atas dasar itu, Syahrial bilang, mandat yang sudah diberikan KPP kepada Anies sebagai bakal capres 2024 harus diberdayakan maksimal untuk saling menguatkan serta melindungi. 

"Supaya rakyat dan relawan juga terlibat bergandengan tangan bersama-sama menghadapi tekanan-tekanan tersebut," tuturnya.

Syahrial juga menyatakan bahwa tekanan politik dan hukum yang dihadapai parpol anggota KPP akan lebih ringan untuk dihadapi setelah paket pasangan bakal capres dan cawapres KPP diumumkan, karena melibatkan koalisi dengan rakyat yang lebih luas.

"Saat ini, bola ada pada Mas Anies, dan kami sangat yakin beliau akan mampu menjadi dirigen atau konduktor yang menciptakan nada-nada harmoni. Tidak hanya terhadap KPP, juga keharmonisan bersama rakyat dan relawan," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief menyatakan bahwa partainya membuka opsi mengevaluasi keanggotaan di KKP jika bakal paslon untuk pilpres 2024 tak kunjung dideklarasikan hingga Juni 2023.

"Kalau Juni belum deklarasi berpasangan, kemungkinan Demokrat akan mengevaluasi," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief kepada wartawan pada Senin, 5 Juni 2023.

Andi tak memerinci evaluasi yang akan dilakukan Demokrat mengarah pada pengunduran diri dari KKP atau tidak. Dia hanya menyebut evaluasi dilakukan secara menyeluruh.

"Evaluasi menyeluruh," kata Andi.sinpo

Komentar: