Rusia Sebut Rencana Barat Memasok Nuklir ke Ukraina Sebagai Kegilaan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 08 Juni 2023 | 23:18 WIB
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova (SinPo.id/ mid.ru)
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova (SinPo.id/ mid.ru)

SinPo.id - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, jika Barat memasok Ukraina dengan senjata nuklir, maka itu akan mengakhiri keberadaan umat manusia di planet ini. Dia menyebut rencana memasok senjata nuklir ke Ukraina merupakan suatu "kegilaan" barat.

"Mengapa kita harus mengomentari kemungkinan kegilaan mereka atau kemungkinan pengendalian kegilaan? Ini bukan topik kita," kata Zakharova dikutip dari laman Anadolu, Kamis, 8 Juni 2023

Dia menyampaikan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, otoritas Ukraina mengambil langkah-langkah yang merugikan kepentingan negara mereka sendiri dan penduduknya. Bukan hanya negara mereka, bahkan dunia juga akan menanggung dampak yang ditimbulkan.

"Anda dapat melihat apa yang terjadi. Rezim Kyiv siap untuk menghancurkan tanahnya sendiri, mereka siap menularkannya dengan uranium, banjiri dengan air, racuni dengan amonia," kata dia.

Zakharova menuduh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan timnya telah berubah menjadi organisasi teroris internasional.

"Ini adalah sel teroris nyata, dan sel internasional, karena ada instruktur asing, tentara bayaran asing, mereka terkait dengan pasar gelap senjata, perdagangan uang ilegal, perdagangan orang, penjualan ilegal bagian tubuh. Seluruh rangkaian itu mencirikan terorisme internasional," ungkap dia.

Selama berbulan-bulan, Moskow telah menyatakan keprihatinan atas perubahan jenis senjata yang dipasok ke Ukraina, yang dimulai dengan senjata ringan dan sekarang melibatkan pengiriman jet tempur. Otoritas Rusia juga berpendapat bahwa senjata yang disediakan untuk melindungi wilayah Ukraina digunakan untuk menyerang ke wilayah Rusia.

“Jika seseorang di Barat ingin mematikan semua yang ada di planet ini. pada prinsipnya, mereka mungkin akan mulai memasok senjata nuklir ke rezim Kyiv," tegas dia.sinpo

Komentar: