Hari Laut Sedunia, Cak Imin: Momentum Mengingat Pentingnya Kedaulatan Maritim

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 08 Juni 2023 | 20:31 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap 8 Juni merupakan momentum mengingat pentingnya kedaulatan maritim.

Peringatan ini juga didedikasikan khusus untuk menghargai keanekaragaman dan nilai intrinsik laut-laut yang ada di dunia. Termasuk laut yang di Indonesia.

"Hari Laut ini momentum bagi kita untuk menyadari betapa besar anugerah yang terkandung di dalamnya. Laut bukan saja menyimpan aneka ragam ikan yang bisa kita konsumsi, tetapi juga ada nilai intrinsik yang harus kita hargai dan kita jaga,” kata Cak Imin dalam keterangan terulis, Jakarta, Kamis, 8 Juni 2023.

Cak Imin mengingatkan Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kedaulatan maritim yang harus dijaga demi kepentingan bangsa. Hal itu, sekaligus melanjutkan perjuangan kedaulatan maritim melalui diplomasi yang telah dilakukan para tokoh bangsa.

"Kedaulatan maritim harus kita jaga, kita pertahankan sampai kapan pun. Jasa para pendiri bangsa memperjuangkan kedaulatan maritim tidak main-main, mereka berdiplomasi bertahun-tahun sampai akhirnya kita punya laut yang begitu luas dan indah," ujar Cak Imin.

Dia optimistis Indonesia bisa menjadi negara yang kaya raya jika mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan maritim tersebut. Oleh karena itu, Wakil Ketua DPR RI ini mendorong semua pihak untuk terus memupuk kesadaran akan pentingnya menjaga kedaulatan maritim.

"Laut kita begitu kaya dan seharusnya Indonesia ini bisa menjadi negara kaya dari laut dengan syarat jaga dan pertahankan kedaulatan maritim kita, tumbuhkan kesadaran bangsa bahwa menjaga kedaulatan maritim itu penting," kata dia.sinpo

Komentar: