Perbaiki Kualitas Udara, Pemprov DKI akan Tambah RTH

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 08 Juni 2023 | 19:38 WIB
Kota Jakarta (SinPo.id/ Pixabay)
Kota Jakarta (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengakui kualitas udara di Ibu Kota buruk dalam beberapa waktu terakhir. Di situs pemantau kualitas udara IQAir, kualitas udara Jakarta dikategorikan tidak sehat yang ditandai dengan warna merah.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan meminimaliair keadaan itu dengan menambah pembangunan ruang terbuka hijau (RTH).

"Pemda DKI berbenah menambah RTH, kita semua menanam pohon," kata Heru kepada wartawan, Kamis 8 Juni 2023.

Heru menuturkan, Pemprov DKI juga terus mengebut uji emisi kendaraan bermotor untuk memastikan kendaraan yang memasuki Jakarta layak jalan.

Selain itu, lanjut Heru, Pemprov DKI juga sedang berupaya melakukan peralihan jenis kendaraan dari bahan bakar minyak ke listrik, tidak terkecuali untuk bus transjakarta.

"Transjakarta berbenah gunakan bus listrik pokoknya semua masyarakat sama-sama membantu. Itu jangka panjang ya, tetapi dinas lingkungan hidup kan selalu bikin program tes uji emisi ya semuanya harus sama-sama turunkan emisi," ujanrya.

Dikutip dari situs pemantau kualitas udara IQAir, per Kamis 8 Juni 2023, Jakarta menempati peringkat keempat dunia dengan kota kualitas udara terburuk dan berkategori tidak sehat. Jakarta mendapat skor 156 yang menempatkannya di bawah New York (266), Lahore, Pakistan (238), dan Dubai, Uni Emirat Arab (169).sinpo

Komentar:
BERITATERKINI