Jokowi-Prabowo Akrab di Malaysia, Pengamat: Mereka Saling Dukung

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 08 Juni 2023 | 09:07 WIB
Keakraban Jokowi dan Prabowo di Malaysia (Sinpo.id/Tim Media)
Keakraban Jokowi dan Prabowo di Malaysia (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin memandang keakraban Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Malaysia menunjukkan hubungan baik keduanya.

Momen akrab dua sosok itu terekam saat Prabowo menyambut kedatangan Jokowi dalam kunjungan kerja ke Malaysia, Rabu,7 Juni 2023. Keduanya sempat bercengkrama dan saling melempar tawa saat penyambutan tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa Prabowo dan Jokowi memang bersahabat. Prabowo dan Jokowi saling mendukung, baik terkait kebijakan pemerintahan maupun dalam konteks perkawanan," kata Ujang.

Ujang pun menyebut kehangatan keduanya tampak sama di tengah sorotan usulan solusi perdamaian Ukraina dan Rusia yang sebelumnya diungkap Prabowo. Ia melihat hal itu sebagai bukti kedekatan keduanya.

"Saya melihat Pak Prabowo sebagai sosok yang tegas, pemberani dan punya nyali. Tidak semua pemimpin bisa melakukan itu," tutur Ujang.

"Saya melihat candaan Jokowi dan Prabowo memberikan sinyal kuat bahwa mereka saling sepakat, saling dukung satu sama lain," lanjutnya.

Selain itu, ia juga berpendapat sikap santai Jokowi kepada Prabowo bersifat positif. Artinya, Ujang melihat hal ini berkaitan kinerja baik Prabowo selama Jokowi memimpin negara.

"Artinya mereka bersatu, mereka saling support dan itu membuktikan bahwa Prabowo selama ini jadi pemimpin yang asik-asik saja, baik-baik saja," ucap Ujang.sinpo

Komentar: