Legislator PDIP Mengusulkan Kepala BNPT dan BNN Dijabat Jenderal Bintang Empat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 07 Juni 2023 | 20:08 WIB
Raker Komisi III dengan BNN dan BNPT (SinPo.id/ Ashar)
Raker Komisi III dengan BNN dan BNPT (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi mengusulkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dijabat jenderal bintang empat.

"Kalau diperbolehkan dan ini saya akan menggunakan hak konstitusional saya, agar Kepala BNPT, Kepala BNN, jangan bintang tiga, tapi bintang empat," kata Johan dalam rapat kerja bersama BNPT dan BNN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 7 Juni 2023.

Dia menjelaskan alasan mengusulkan hal tersebut. Salah satunya, agar pimpinan BNPT dan BNN setara dengan Kapolri. Dia menginginkan agar kedua lembaga negara itu dapat menjaga muruah dan independensinya.

"Kalau bintang tiga, masih di bawah Kapolri, Seharusnya independen dan menjadi bintang empat, apalagi badan. Kepala badan harusnya setara menteri, kalau enggak salah," ujar dia.

Johan juga menyatakan jika Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel dan Kepala BNN Komjen Petrus Golose layak menyandang pangkat bintang empat. 

Sementara itu, anggota Komisi III Adang Daradjatun menilai usulan kepala BNN dan BNPT dijabat bintang empat merupakan kebijakan pimpinan dan keputusan politik pemerintah.

Dia tidak mempersoalkan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah terkait hal itu. Terpenting, dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan kerja sama di antara kementerian lembaga.

Di sisi lain, Kepala BNN Petrus Golose menjawab singkat saat disinggung hal tersebut. Dia mengatakan pangkatnya saat ini setingkat menteri.

"Yang jelas saya sekarang bintang tiga setingkat menteri, itu saja," ujarnya.

Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja besama Kepala BNPT dan BNN. Rapat kali ini beragendakan pembahasan rencana kerja anggaran (RKA) dan rencana kerja pemerintah (RKP) kementerian/lembaga tahun 2024.

 sinpo

Komentar: