Bareskrim Buru Lima Bandar Sindikat TPPO

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 07 Juni 2023 | 14:09 WIB
Komjen Pol Agus Andrianto (Sinpo.id/Polri)
Komjen Pol Agus Andrianto (Sinpo.id/Polri)

SinPo.id -  Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyatakan sedang memburu lima orang yang diduga sebagai bandar sindikat Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). 

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menyebut jika jajarannya tengah mencari keberadaan kelima orang yang diduga menjadi bandar sindikat TPPO.

"Sudah diburu, tetapi kalau disebutkan siapa orangnya kan lari. Makanya kemarin sudah sempat kita buru gara-gara sudah disebutkan namanya ya lari,” kata Agus dalam keterangannya dikutip Rabu, 7 Juni 2023.

Menurut Agus, TPPO menjadi atensi serius dari pemerintah dan sesuai dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN Labuan Bajo, di mana Presiden menujuk Kapolri sebagai ketua harian Satuan Tugas TPPO.

"Harapannya upaya dari pencegahan sampai dengan penindakan dapat berjalan dengan baik,” tuturnya. 

Sebagai informasi, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengatakan telah memberikan lima nama yang diduga menjadi bandar besar TPPO dengan modus penempatan TKI ilegal kepada Menko Polhukam Mahfud Md. Lima orang itu disebut beroperasi di Batam.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membentuk Satgas penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). 

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menyebut pembentukan Satgas TPPO itu merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Menurut Sandi, Satgas TPPO yang telah dibentuk itu akan dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Asep Edi Suheri. Sementara bertugas sebagai Wakil Ketua Satgas TPPO yakni Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Hary Sudwijanto.sinpo

Komentar: