Dishub DKI Kaji Pembukaan Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 06 Juni 2023 | 18:36 WIB
Bus Transjakarta. (SinPo.id/Dok. Transjakarta)
Bus Transjakarta. (SinPo.id/Dok. Transjakarta)

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana membuka rute baru bus Transjakarta dengan rute menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Namun, rencana ini masih dalam tahap kajian dan akan dibahas dengan PT Angkasa Pura II.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakanbahwa bus Transjakarta rute bandara Soetta nantinya tidak akan berhenti di terminal penumpang. Hal ini agar tidak mengganggu layanan yang sudah ada.

"Jadi dari Jakarta yang nantinya ke Angkasa Pura II tetapi tidak akan berhenti di terminal penumpang. Angkutan ini kita arahkan berhenti di terminal khusus, Terminal Kargo misalnya," kata Syafrin dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa 6 Juni 2023.

Syafrin menjelaskan, nantinya rute menuju Bandara Soetta hanya diperuntukkan bagi karyawan PT Angkasa Pura II atau yang bekerja di sekitar kawasan tersebut. Rute tersebut rencananya akan tersedia dalam Koridor Grogol.

"Tentu (rute) akan bergabung ke Halte Grogol misalnya. Itu sedang didiskusikan teknisnya. Dari mana awalnya, itu menyesuaikan dengan hasil kajian teknisnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Syafrin menyebut terkait rute hingga tarif yang akan diberlakukan sampai saat ini masih dalam proses pengkajian. Selain itu, ia pun belum dapat memastikan kapan kajian ini selesai.

"Itu sedang dikaji. Idealnya yang mana yang akan memberikan layanan," tandasnya.sinpo

Komentar: