BMKG Peringatkan Wisatawan dan Nelayan Nusa Dua Potensi Gelombang Tinggi

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 06 Juni 2023 | 12:15 WIB
Pantai Nusa Dua (Sinpo.id/Gettyimages)
Pantai Nusa Dua (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperingatkan nelayan dan wisatawan terkait potensi tinggi gelombang laut hingga tiga meter di perairan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Diperkirakan gelombang tinggi ini terjadi pada 7-8 Juni 2023.

“Masyarakat diimbau tetap waspada dan hati-hati,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa, 6 Juni 2023.

Berdasarkan pengamatan BMKG, ketinggian gelombang laut di Nusa Dua, Bali, diperkirakan mencapai hingga dua meter pada 7 Juni dan meningkat pada Kamis, 8 Juni 2023 hingga tiga meter.

Perairan Nusa Dua berada di Kabupaten Badung yang merupakan salah satu destinasi wisata bahari dan berbatasan dengan Selat Badung.

Selain di Nusa Dua, wilayah lain yang berpotensi memiliki ketinggian gelombang laut hingga 2-2,5 meter, yakni Kuta di Kabupaten Badung, Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, dan Sanur, Denpasar.

BMKG memperkirakan pada 7-9 Mei 2023, sejumlah perairan di Bali mengalami gelombang tinggi hingga empat meter, yakni di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, dan Selat Lombok bagian selatan.

Perairan itu merupakan jalur padat penyeberangan Bali-Jawa dan Bali-Lombok serta kawasan wisata bahari, dan Selat Badung merupakan penyeberangan Sanur-Nusa Penida yang ramai dikunjungi wisatawan.

Sedangkan Samudera Hindia selatan Bali, gelombang diperkirakan mencapai hingga enam meter dengan kategori sangat tinggi.

Adapun kecepatan angin di sejumlah perairan di Bali diperkirakan hingga 20 knot atau 37 kilometer per jam dari timur-tenggara.

Sementara itu, cuaca umum di Bali diperkirakan berawan dengan potensi hujan ringan hingga lebat yang tidak merata di Bali bagian tengah dan timur.
sinpo

Komentar: