Anggota Komisi IV DPR RI Soroti Tupoksi Badan Pangan Nasional

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 06 Juni 2023 | 02:00 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. Foto : Andri/Man
Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. Foto : Andri/Man

SinPo.id -  Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Hermanto menyoroti tugas dan fungsi lembaga Badan Pangan Nasional  (Bapanas). Menurut Hermanto, Bapanas tak ubahnya seperti pedagang yang berpikir tentang ketersediaan barang. Hal ini, karena selama berdiri sampai sekarang kerap mengeluarkan kebijakan impor ketimbang menyerap hasil produksi dalam negeri. 

"Menurut saya mohon maaf ya Bapanas ini seperti pedagang yang melakukan suatu hal yang penting barangnya ada. Soal darimana datangnya barang itu urusan lain, padahal esensi kedaulatan pangan itu adalah kita memproduksi barang kita sendiri," ujar Hermanto di Gedung Parlemen, Senin, 5 Juni 2023.

Hermanto mengatakan, setiap persoalan yang dihadapi bangsa dan negara tidak harus diselesaikan dengan keputusan impor, apalagi jika produksi dalam negeri dalam kondisi cukup. Sebagai lembaga yang bertanggungjawab pada Presiden, seharusnya Bapanas lebih agresif dan mau membeli barang hasil produksi petani.

"Kalaupun ada kekurangan tidak serta merta semua harus impor, tapi bagaimana bapanas itu mengelola pangan bangsanya sendiri," katanya.

Terakhir, Hermanto mengaku kecewa apabila Bapanas gagal memperkuat pangan dalam negeri disaat Indonesia menghadapi cuaca buruk el nino. Bapanas diharapkan mampu mengantisipasi semua yang berkaitan dengan pangan nasional.

"Kalau ini tidak diantisipasi saya menganggap badan pangan nasional ini gagal melaksanakan fungsi koordinasinya dan gagal juga untuk menetapkan strategi menghadapi el nino ini," katanya.

Dikatakan Hermanto, kesigapan Bapanas dalam menghadapi el nino sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kekurangan pangan dan kerusakan lahan. 

"Sebab el nino ini akibatnya akan terjadi kekurangan pangan, kekeringan luar biasa, sawah tidak bisa ditanam dan lain sebagainya nah ini apa yang bisa kita lakukan semua harus diantisipasi," jelasnya.sinpo

Komentar: