Jokowi Doakan Semua Mahluk Hidup Bahagia di Hari Waisak

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 04 Juni 2023 | 17:29 WIB
Para biksu di kantor Kemenag (Sinpo.id/Kemenag)
Para biksu di kantor Kemenag (Sinpo.id/Kemenag)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendoakan semua makhluk dapat hidup bahagia, khususnya pada peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2567 BE / 2023.

"Kepada saudara-saudaraku Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia," kata Jokowi dikutip dari Instagram @jokowi, Minggu 4 Juni 2023.

Dalam postingannya itu, Jokowi turut mengunggah ilustrasi biksu dari berbagai negara yang datang ke Indonesia dengan berjalan kaki menuju Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah.

Para biksu tersebut melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di sepanjang jalan.

Seperti diketahui, ribuan umat Buddha melakukan detik-detik Waisak 2567 BE/2023 pada Minggu pukul 10.41 WIB di halaman Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Detik-detik Waisak ditandai dengan pemukulan gong tiga kali dan percikan air suci, pembacaan paritta Jayanto, dan umat bersikap anjali.

Rangkaian detik-detik Waisak ditutup dengan pradaksina oleh para biksu dan umat Buddha, yakni berjalan mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali.
sinpo

Komentar: