Survei SRS: Mayoritas Pendukung Jokowi dan NU Jatim Pilih Prabowo

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 04 Juni 2023 | 21:07 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis survei terkait  kecenderungan pilihan pendukung Jokowi, simpatisan PDI Perjuangan (PDIP), dan warga Nahdlatul Ulama (NU) wilayah Jawa Timur dalam Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto meraup suara terbanyak dari kecenderungan pemilih dari ketiga kelompok tersebut.

Peneliti SRS Fishya Amina Elvin dalam konferensi pers secara virtual menjelaskan kalangan pendukung Jokowi, 42,5 persen responden memiliki kecenderungan memilih Prabowo. Sementara 38,7 persen suara bergeser ke Ganjar Pranowo, sebanyak 9,2 persen suara ke Anies Baswedan.

"Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil survei SRS diketahui bahwa Prabowo memperoleh limpahan suara terbanyak dari pendukung Jokowi, yakni 42,5 persen. Sementara Ganjar memperoleh 38,7 persen dan Anies hanya 9,2 persen," kata Fishya, dalam konferensi persnya, Minggu, 4 Juni 2023.

Selain itu, Prabowo juga mendapat suara dari kalangan simpatisan PDIP di Jatim. Dia mengatakan Prabowo mendapat suara sebesar 30,7 persen di kelompok simpatisan PDIP ini.

"Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil survei SRS diketahui bahwa simpatisan PDIP paling banyak 43,8 persen cenderung memilih Ganjar. Namun pemilih PDI-P yang bermigrasi ke Prabowo juga cukup signifikan, yakni 30,7 persen. Sedangkan yang memilih Anies 10,1 persen," jelasnya.

Selanjutnya, Fishya memaparkan kecenderungan pilihan di kalangan NU atau warga Nahdliyyin. Hasilnya, Prabowo kembali unggul dengan suara sebesar 40,2 persen di kalangan ini.

"Diketahui bahwa bagian terbesar kaum Nahdliyin 40,2 persen cenderung memilih Prabowo. Sebanyak 35,6 persen menjatuhkan pilihan pada Ganjar, sedangkan yang memilih Anies 11,1 persen," ujarnya.

Adapun survei ini digelar selama 20-30 Mei 2023 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berdomisili di Jawa Timur minimal telah berusia 17 tahun (telah memiliki e-KTP).

Survei ini melibatkan sebanyak 1.000 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (multistage random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara via telepon oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Survei diklaim pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen dengan margin of error +/- 3,1 persen.sinpo

Komentar: