EVAKUASI KORBAN KAPAL KARAM

Petugas Evakuasi 54 Orang dari KM Ali Baba yang Karam di Kepulauan Seribu

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 04 Juni 2023 | 08:54 WIB
Evakuasi korban kapal karam di Kepulauan Seribu (SinPo.id/ beritajakarta)
Evakuasi korban kapal karam di Kepulauan Seribu (SinPo.id/ beritajakarta)

SinPo.id - Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, Polairud dan Gulkarmat berhasil mengevakuasi 52 penumpang dan dua anak buah kapal KM Ali Baba. Kapal tersebut karam di perairan Pulau Bokor, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, Sabtu, 3 Juni 2023. 

Kepala Sektor 8 Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Dede Budi menjelaskan, kapal KM Ali Baba karam karena terjadi kebocoran pada bagian lambung kapal saat melintasi perairan Pulau Bokor.

"Setelah menerima laporan kejadian, petugas  gabungan dengan kapal rescue langsung ke TKP untuk bantu evakuasi," kata Dede dikutip dari laman resmi Pemprov DKI, Minggu, 4 Juni 2023.

Menurut Dede, dalam proses evakuasi 10 petugas gabungan  dibantu dengan kapal Ambulan Gawat Darurat (AGD), kapal KM. ASHA dari Pulau Payung dan kapal nelayan lainnya.

"Kami prioritaskan anak-anak terlebih dahulu. Setelah semua penumpang berhasil dievakuasi kami langsung bawa ke Puskesmas Pulau Pari untuk mendapatkan perawatan, beruntung tidak ada korban jiwa dan luka parah," ujarnya.

Akibat insiden ini, kata Dede, pemilik kapal mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp 50 juta. Ia juga mengimbau kembali kepada pemilik kapal yang hendak beroperasi untuk memastikan kondisi kapal dalam keadaaan laik operasi.

"Kami ingatkan kepada seluruh kapal yang melintas ke Kepulauan Seribu untuk selalu menjaga dan merawat kondisi kapal dalam keadaan baik. Apabila hendak beroperasi, untuk tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas supaya kejadian seperti ini tidak terjadi kembali," tandasnya.sinpo

Komentar: