Komisi III DPR Bakal Perjuangkan Usulan Tambahan Anggaran Kemenkumham

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 03 Juni 2023 | 11:22 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir (SinPo.id/ Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Komisi III DPR RI akan memperjuangkan usulan tambahan yang diajukan Kemenkumham sebesar Rp2.229.757.634.000. Total anggaran yang disetujui menjadi Rp20.428.571.575.000.

Namun, Komisi III mempertanyakan kepada Menkumham Yasonna H Laoly terkait penggunaan anggaran tersebut. Ini dipertanyakan dalam rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

"Dari anggaran yang diusulkan, Komisi III ingin mengetahui akan digunakan untuk program atau kegiatan apa saja, dan apakah anggaran ini sudah dirasa cukup," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat memimpin rapat.

Berdasar Paasal 59 ayat 2 huruf C peraturan DPR RI tentang tata tertib, bahwa tugas Komisi dalam bidang anggaran adalah membahas dan menetapkan alokasi anggaran untuk fungsi dan program kementerian dan lembaga yang menjadi mitra kerja Komisi III. 

Di lain pihak, Yasonna pun menyampaikan tambahan anggaran tahun 2024 sekitar Rp2 triliun untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham. Dia menyebut surat pengajuan itu sudah dilayangkan secara resmi pada Jumat, 26 Mei 2023.

"Kami meminta dukungan Komisi III tambahan anggaran tahun 2024, Rp 2.229.757.634 yang telah kami ajukan melalui surat resmi Kementerian Hukum dan HAM tanggal 26 Mei 2023," kata Yasonna.

Yasonna menerangkan anggaran itu akan disalurkan untuk beberapa hal. Salah satunya, adalah untuk meningkatkan pembentukan dan penyusunan perundang-undangan.

"Satu, pemenuhan tugas dan fungsi pemasyarakatan di wilayah. Kedua, peningkatan pembentukan dan penyusunan perundang-undangan. Ketiga, memenuhi pelaksanaan tugas dan fungsi bidang HAM di wilayah. Empat, penambahan taruna politeknik yang mempengaruhi renbut seragam, konsumsi makanan, honorarium narasumber dan dosen tidak tetap serta implementasi Tri Dharma perguruan tinggi melalui penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Yasonna.sinpo

Komentar: