Fenomena El Nino Diprediksi Buat Sejumlah Wilayah di Kabupten Bogor Krisis Air

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 02 Juni 2023 | 02:55 WIB
Ilustrasi air. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi air. (Foto: Pixabay)

SinPo.id -  Fenomena El Nino diprediksi akan membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami krisis air. Daerah yang mengalami krisis air beberapa di antaranya berada di Kabupaten Bogor bagian timur yakni adalah wilayah Kecamatan Jonggol dan Tanjungsari.

"Ada el nino, ada musim panas yang tinggi peluang itunya tinggi. Sebenarnya hampir setiap daerah timur, barat, pun ada pada saat sumber airnya tidak baik maka akan mengalami kritis. Jonggol, Tanjung Sari, karena mata airnya di situ kecil," ujar Kabid Perlindungan dan Pelayanan Usaha Distanhobun Kabupaten Bogor, Judi Rahmat, pada Kamis 1 Juni 2023.

Untuk wilayah Kabupaten Bogor bagian barat, airnya relatif bagus. Terkhusus wilayah Kecamatan Tenjo, pemerintah telah memiliki sawah irigasi. Dampak el nino perlu diperhatikan untuk pertanian di wilayah Kabupaten Bogor. Mengacu pada data yang dimilikinya, Kabupaten Bogor memiliki masa panen 2 hingga 3 kali musim panen.

"Jadi itu sawah pada saat hujan itu bisa dimanfaatkan, tapi pada saat garung itu tidak bisa dipakai. Yang masih bagus itu kita pacu, minimal produksi satu tahun itu tidak terlalu berkurang. Kita sekali panen gabah kering itu sekitar 600 ribu ton, itu yang kita ingin pertahankan," ujarnya.

Untuk itu, Distanhobun Kabupaten Bogor akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat jangan menunda untuk menanam. Selagi hujan dan irigasinya saat ini masih cukup baik.sinpo

Komentar: