BANJIR ROB PESISIR INDONESIA

Fenomena Full Moon, BMKG Minta Wilayah Pesisir Waspadai Banjir Rob

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 01 Juni 2023 | 17:34 WIB
Ilustrasi banjir rob (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi banjir rob (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, sejumlah wilayah pesisir Indonesia berpotensi mengalami banjir rob. Banjir terjadi akibat fenomena fase bulan purnama atau full moon pada 3 Juni 2023 mendatang.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo menurutkan, fenomena ini bersamaan dengan jarak terdekat bulan ke bumi atau perigee yang terjadi pada tanggal 6 Juni. Keadaan ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," kata Eko dalam keterangannya yang diterima, Kamis 1 Juni 2023.

Eko memaparkan, wilayah pesisir Indonesia yang patut mewaspadai banjir rob adalah Pesisir Aceh, Pesisir Utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, serta Pesisir Sulawesi Utara. 

Selanjutnya, Pesisir Sumatra Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Maluku, Pesisir Lampung, Pesisir Jawa Timur da Pesisir Bali. Kemudian juga, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir NTB, Pesisir Bangka Belitung, Pesisir Papua Selatan, Pesisir NTT dan Pesisir Banten. 

Eko menambahkan, potensi banjir pesisir atau rob ini terjadi berbeda hari dan jam di tiap wilayah. Hal itu secara umum akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” tandasnya.sinpo

Komentar: