BALAP FORMULA E

Dishub DKI Berlakukan Rekayasa Lalin Saat Gelaran Formula E

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 01 Juni 2023 | 15:55 WIB
Balap Formula E (SinPo.id/ FEO)
Balap Formula E (SinPo.id/ FEO)

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) saat perhelatan Jakarta E-Prix atau Formula E di Jakarta. Ajang balapan tersebut bakal digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu-Minggu, 3 dan 4 Juni 2023.

"Apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Lodan Raya dan Jalan R.E. Martadinata, kendaraan besar dari arah Pluit diarahkan masuk ke Pintu Tol Gedong Panjang 2 dan keluar di Pintu Tol Kebon Bawang, Jalan Yos Sudarso (situasional),"tulis akun Instagram resmi Dishub DKI Jakarta, @dishubdkijakarta, dikutip Kamis 1 Juni 2023.

Rekayasa lalin diberlakukan jika terjadi kemacetan di beberapa titik jalan di wilayah menuju penyelenggaraan Formula E.

Dengan adanya pengaturan rekayasa lalin tersebut, para pengendara atau pengguna jalan diimbau untuk dapat menyesuaikan diri. Pengendara diminta mematuhi rambu-rambu lalin dan petunjuk dari petugas di lapangan.

Selain itu, Dishub juga menjelaskan, bagi pengunjung balapan Formula E, ada lima titik fasilitas parkir yang disediakan pihak penyelenggara.

"Bagi pengunjung Ancol dan penonton Jakarta E-Prix 2023 agar memarkirkan kendaraannya di fasilitas parkir yang disiapkan dan menggunakan layanan shuttle bus yang disediakan," kata dia

Pertama, fasilitas parkir di Perumahan Coasta Villa Jalan Bukit Golf Raya dan lapangan Kobexindo yang disediakan untuk pemilik tiket premier suite. Kedua, fasilitas parkir di Jakarta International Stadium (JIS) untuk pemilik tiket royal suite 1A.

Ketiga, lokasi parkiran di Hailai Ancol yang diperuntukkan untuk pemilik tiket deluxe suite 1B dan corporate suites. Keempat, di JIExpo Kemayoran menjadi fasilitas parkir untuk pemilik tiket VIP, grandstand 2A-21 dan sirkuit festival.

"Kelima, penonton E-Prix 2023 yang memarkirkan kendaraannya di Ancol diarahkan parkir di Symphony of The Sea dan disediakan shuttle bus (bus Wara Wiri Ancol), apabila fasilitas parkir telah penuh diarahkan parkir di tempat lainnya yang telah disediakan," tandasnya.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (JakPro) menyampaikan, penjualan tiket Jakarta E-Prix atau Formula E 2023 mencapai 80 ribu atau 70 persen dari target sekitar 120 ribu. 

"Tiket yang telah terjual 70 persen dari total 80 ribu tiket. Kami berharap event besar ini akan menjadi sebuah tontonan yang sangat menarik khususnya buat DKI Jakarta dan Indonesia," kata Direktur Bisnis PT Jakpro Adi Adnyana menerangkan.sinpo

Komentar: