HUMAN TRAFFICKING

Kapolri Janji Bakal Tindak Tegas Semua Pihak yang Terlibat TPPO

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 31 Mei 2023 | 17:52 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut akan menindak tegas semua pihak yang terlibat dalam tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Hal itu, kata Sigit, guna menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait TPPO.

"Terkait dengan TPPO, kemarin baru saja kepolisian diberikan tugas oleh Presiden menjadi pelaksana harian terkait dengan satgas TPPO sebelumnya, (yang) diawaki oleh kementerian PPA," ujar Sigit kepada wartawan di Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu, 31 Mei 2023.

Sigit mengatakan, Polri segera akan mengambil langkah-langkah hukum kepada siapa pun yang terlibat di dalam perkara TPPO.

"Saya kira ini segera kita tindak lanjuti segera mengambil langkah-langkah penegakan hukum dan tentunya mapping saat ini sedang kita laksanakan," tuturnya. 

Lebih jauh, Sigit mengungkapkan, bahwa Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri akan bekerja sama dengan negara lain untuk mendapatkan informasi terkait jaringan atau sindikat TPPO. 

"Terkait dengan masalah TPPO yang saat ini juga menjadi petmasalahan internasional, saya minta juga dari Divhubinter untuk kemudian bisa berkerja sama dengan negara-negera counterpart kita, untuk kemudian mencari tahu kelompok-kelompok sindikat yang ada," kata Sigit. 

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak tegas TPPO. Jokowi meminta tak ada pihak yang membekingi sindikat TPPO. sinpo

Komentar: