Bawaslu Bakal Unduh Dokumen Bacaleg Usai Dapat Akses Silon Dari KPU

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 31 Mei 2023 | 11:21 WIB
Kantor Bawaslu RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Kantor Bawaslu RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah menerima akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menyebut dengan pemberian akses ini, pihaknya dapat segera mengunduh dokumen pendaftaran bacaleg. 

“Download pengennya sih bisa, kan ijazahnya sama-sama bisa kok diverifikasi. Baru kan kalau ada masalah, kita verifikasi ke kementerian pendidikan, bener enggak ini ijazah dikeluarkan atau tiba-tiba sekolahnya sudah enggak ada. Kan banyak sekolah yang sudah enggak ada,” kata Bagja kepada wartawan, Jakarta, Rabu 31 Mei 2023.

Bagja berharap pemberian akses dari KPU seharusnya dapat berlangsung selama 24 jam. Sehingga Bawaslu dapat mengantisipasi adanya dokumen yang bermasalah.

Bawaslu, lanjut Bagja, akan melakukan verifikasi terkait sekolah bacaleg secara faktual dan administrasi di Kementerian Pendidikan untuk melihat dokumen dari bacaleg yang bermasalah.

“Kan ada dinas pendidikannya. Cek dinas, siapa kepala sekolah terakhirnya, biasanya ijazah itu kan ada nomor urut khusus, itu akan kami dapati,” ujarnya.

Sebelumnya, Bagja menilai akses silon yang diberikan KPU dirasa telah cukup untuk di tingkat pusat.

“Di DPR RI, oke, cukup. Kan belum lihat ya provinsi, kabupaten/ kota yang belum. Sekarang sudah dibuka, jadi kami harus sampaikan ini ke teman-teman kabupaten/kota,” ucap Bagja

Bagja mengatakan, Bawaslu dapat mengakses dokumen persyaratan baik ijazah dari para bacaleg yang mendaftarkan dirinya pada 1 hingga 14 Mei lalu.

“Kemudian semua persyaratan itu terpenuhi atau tidak itu yang paling penting. Kenapa? Karena kita menjaga calon-calon yang tidak sesuai persyaratan, mantan narapidana belum lima tahun kan enggak boleh, nah itu harus jadi batasan kan,” ungkapnya.
sinpo

Komentar: