KKB Ancam Tembak Pilot Susi Air

Komnas HAM Kecam Tindakan KKB Ancam Tembak Pilot Susi Air

Laporan: Martahan Sohuturon
Minggu, 28 Mei 2023 | 01:52 WIB
Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro (SinPo.id/Humas Komnas HAM)
Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro (SinPo.id/Humas Komnas HAM)

SinPo.id - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengecam tindakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang menyampaikan ancaman penembakan terhadap Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrten.

"Komnas HAM mengecam penyanderaan maupun ancaman KKB untuk membunuh sandera," ujar Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam keterangannya pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Ia menyatakan bahwa penyanderaan yang dilakukan KKB terhadap Philip adalah tindakan kejahatan yang telah memperkeruh situasi di Papua, menimbulkan korban jiwa, dan menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.

Atnike bilang, Komnas HAM senantiasa meminta pemerintah, termasuk TNI dan Polri, untuk menggunakan pendekatan keamanan secara proporsional dan terukur dalam upaya-upaya pembebasan Philip dan penanganan situasi di Papua.

"Komnas HAM menilai ancaman TPNPB-OPM untuk menembak Philip Mehrtens dalam tempo dua bulan jika tidak diadakan sebuah dialog, adalah sebuah provokasi yang dapat menjadi legitimasi untuk memperbesar pendekatan keamanan di Papua," ujarnya.

"Ancaman penembakan Philip Mehrtens hanya akan merugikan masyarakat di Papua, memperburuk kondisi HAM, dan memperpanjang siklus kekerasan di Papua," sambung Atnike.

Ia juga menyatakan bahwa penyanderaan dan ancaman untuk membunuh sandera dapat menghilangkan simpati masyarakat, termasuk masyarakat internasional, terhadap persoalan-persoalan HAM di Papua.

Menurutnya, kekerasan yang dilakukan KKB, termasuk ancaman untuk membunuh sandera, kontradiktif dengan desakan dialog yang diserukan.

"Penyanderaan Philip Mehrtens dan ancaman terhadap jiwanya bukanlah jalan untuk membuka dialog. Dialog hanya mungkin terwujud dengan memperlihatkan niat baik dan membangun kepercayaan di antara berbagai pihak," ujar Atnike.

Oleh sebab itu, dia berkata, Komnas HAM mengajak seluruh kelompok di Papua, baik kelompok masyarakat sipil, gereja, adat dan pemerintahan daerah di Papua, untuk bersama-sama melakukan upaya persuasif kepada Egianus Kogoya beserta pasukannya dmei segera menghentikan cara-cara kekerasan.

Ia juga menyampaikan bahwa Komnas Ham kembali meminta kepada Egianus Kogoya segera membebaskan Philip tanpa syarat.

Selain itu, lanjutnya, Komnas HAM juga meminta pemerintah segera menginisiasi upaya damai yang otentik, yang dapat dimulai dari pemerintah daerah dengan kelompok-kelompok masyarakat di Papua.

Dalam video terbaru yang dirilis Jumat, 26 Mei 2023, pilot Susi Air itu menyebut KKB akan menembaknya jika tidak ada negosiasi dalam dua bulan ke depan.

"Jika itu (negosiasi) tidak terjadi dalam waktu dua bulan, mereka mengatakan akan menembak saya," kata Philip dalam video yang dibagikan.sinpo

Komentar: