MENKOMINFO PENGGANTI JHONNY G PLATE

Ma'ruf Sebut Presiden Sudah Kantongi Nama Menkominfo Definitif

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 26 Mei 2023 | 18:47 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif penggani Johnny G Plate. Sosok itu akan diumumkan langsung oleh Kepala Negara.

"Informasinya masih di tangan Presiden," kata Ma'ruf kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 26 Mei 2023.

Ma'ruf tak menjelaskan detail sosok yang bakal menggantikan Plate tersebut. Dia meminta publik bersabar sampai Jokowi mengumumumkan secara langsung.

"Mengenai Menkominfo yang definitif, tunggu saja pengumuman dari Presiden, nanti Presiden yang akan (umumkan)," kata Ma'ruf.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo. Penunjukan itu termakub dalam Keputusan Presiden Nomor 41/P Tahun 2023 pada 19 Mei 2023.

Dalam Keprres Nomor 41/P Tahun 2023 disebutkan bahwa penunjukan Plt Menkoinfo adalah untuk meningkatkan efektivitas kinerja, menjamin kelancaran tugas, dan fungsi Kementerian Kominfo sampai pengangkatan Menkominfo definitif.

Kejagung menetapkan Menteri dari NasDem Johnny Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G, dan penyediaan infrastruktur pendukung 5 paket BAKTI Kominfo periode 2020-2022.

Korps Adhyaksa dipastikan punya bukti kuat dalam menetapkan Plate sebagai tersangka. Kejagung bahkan langsung menahan Johnny untuk 20 hari pertama di Rutan Salemba Cabang Kejagung.sinpo

Komentar: