SEA Games 2023

Atlet DKI Kontribusi 68 Medali pada SEA Games 2023 Kamboja

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 26 Mei 2023 | 13:33 WIB
Para atlet peserta SEA Games 2023 asal DKI Jakarta (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Para atlet peserta SEA Games 2023 asal DKI Jakarta (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id - Atlet asal DKI Jakarta turut memberikan kontribusi besar di ajang SEA Games XXXII di Kamboja. Mereka menyumbang 22 emas, 20 perak dan 26 perunggu dari seluruh medali yang diperoleh kontingen Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, atlet asal DKI Jakarta yang tergabung dalam kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja berjumlah 129 atlet dari total 599 atlet.

"Alhamdulillah, ini menjadi bagian dari Sukses Jakarta untuk Indonesia di bidang olahraga," kata, Andri dalam keterangannya, Jumat 26 Mei 2023.

Andri menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada atlet peraih medali maupun yang belum meraih medali atas perjuangan yang sudah dilakukan untuk bangsa dan negara.

Menurutnya, Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berkomitmen memberikan penghargaan kepada atlet asal Jakarta yang ikut berlaga di kompetisi olahraga baik berskala lokal maupun internasional.

"Setiap event Olahraga, baik itu PON, SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade kita berikan penghargaan atau apresiasi seperti yang sudah kita berikan bagi atlet peraih medali di SEA Games Vietnam," ujarnya.

Lebih lanjut, Andri menyebut prestasi yang ditorehkan para atlet DKI Jakarta merupakan buah dari pembinaan yang terus dilakukan DKI Jakarta.

"Kita ada Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan atau POPB untuk usia 15 tahun ke bawah. Kemudian, pembinaan dilanjutkan melalui Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar atau PPOP di Ragunan untuk usia SMP hingga SMA," bebernya.

Andri menambahkan, pembinaan tidak berhenti sampai di situ, berikutnya yakni, Pusat Pembinaan Latihan Mahasiswa (PPLM). Selanjutnya pembinaan atlet dilakukan melalui pelatihan daerah (Pelatda) hingga bisa ke pelatihan nasional (pelatnas).

"Pembinaan yang kita lakukan ini menjadi bentuk kontribusi nyata bagi bangsa dan negara. Sebab, sekitar 25 persen atlet asal DKI yang berlaga di SEA Games mampu meraih medali. Kita berharap ke depan bisa lebih meningkat lagi," tandasnya.

 

 sinpo

Komentar: