Sambut HUT DKI ke-496, Jakarta Half Marathon 2023 Siap Digelar

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 26 Mei 2023 | 03:36 WIB
Jakarta Half Marathon 2023 (Foto: Andri Widiyanto - Beritajakarta.id)
Jakarta Half Marathon 2023 (Foto: Andri Widiyanto - Beritajakarta.id)

SinPo.id -  Jakarta Half Marathon 2023 digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-496. Kompetisi ini akan menjadikan Plaza Tenggara Monas sebagai titik start dan finish, dengan jalur lomba yang melintasi area utama Ibu Kota, seperti Jalan Merdeka Selatan, Jalan M. H. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Sisingamangaraja.  

"Kami percaya bahwa para pelari akan senang bergabung dan masyarakat DKI akan mendukung upaya menjadikan DKI sebagai destinasi wisata olahraga melalui lomba lari ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam keterangannya pada Kamis 25 Mei 2023

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian 4 agenda besar di Jakarta, yaitu Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta, HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Keketuaan Indonesia di ASEAN, dan HUT ke-56 ASEAN. Ajang lomba lari ini diinisiasi oleh PT MRT Jakarta (Perseroan) dan Perkumpulan Intelligent Transport System (ITS).


Pendaftaran Jakarta Half Maraton akan dibuka pada 26 Mei 2023 pukul 16.00 WIB dan akan tersedia 78 Slot Merdeka yang dapat diakses secara gratis oleh peserta, merujuk pada usia kemerdekaan RI ke-78 tahun ini. Posisi slot Merdeka ini akan menerapkan mekanisme “siapa cepat, dia dapat”. Jika Slot Merdeka telah terisi, sistem pendaftaran akan membuka slot Early Bird terbatas dengan diskon 20%.

Kompetisi ini terbuka bagi peserta nasional dan internasional, mulai dari kelas pelajar hingga kelas master usia 40 hingga 50 tahun ke atas. Peserta dapat memilih untuk berlari dalam kategori Half Marathon dengan jarak 21K sebagai kategori tertinggi, serta kategori 10K dan 5K.

Selain menjadi ajang olahraga, Jakarta Half Marathon juga bertujuan untuk mendukung UMKM dan pertumbuhan ekonomi Jakarta. Para peserta dan pengunjung dapat berkunjung pada berbagai kegiatan menarik yang akan berpusat di Lapangan Banteng, seperti pameran produk UMKM, pertunjukan kesenian khas Betawi, dan pameran kuliner Betawi.

Ajang lomba lari yang akan diikuti 10 ribu pelari ini, diharapkan dapat menyemarakkan 4 agenda besar yang akan dilaksanakan di Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Dengan disandingkan olahraga lari ini, akan menyemarakkan salah satunya perayaan HUT Kemerdekaan RI. Jadi tanggal 17 Agustus nanti ada Semarak 17 Agustus yang berlangsung dari pagi sampai sore di Istana Kepresidenan dan Monas. Kemudian tanggal 20 Agustus ada kegiatan lomba lari, dan antara tanggal 17-20 Agustus ada ajang basket internasional FIBA," ujar Pj Gubernur Heru.

Selain memberikan hiburan untuk warga Jakarta, Jakarta Half Marathon 2023 juga merupakan ajang mempromosikan DKI Jakarta kepada masyarakat di dunia. Tidak hanya itu, kegiatan ini bisa membangkitkan perekonomian Jakarta karena ada UMKM yang terlibat di dalamnya. "Jadi kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk merealisasikan sukses Jakarta untuk Indonesia," tegas Pj. Gubernur Heru.

Sementara, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat mengatakan, MRT Jakarta sangat mendukung pelaksanaan Jakarta Half Marathon 2023. Hal ini sejalan dengan visi misi MRT Jakarta sebagai operator berbasis rel untuk hadir sebagai perusahaan berkelanjutan serta ikut dalam pengembangan urban lifestyle warga DKI Jakarta dan peningkatan ekonomi di sekitar jalur MRT Jakarta.

“Kami sangat mendukung program-program Pemprov DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan yang memiliki dampak positif," kata Tuhiyat.

Menurutnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) mendapatkan mandat dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai Race Collaborator atau mitra kolaborasi penyelenggara perhelatan Jakarta Half Marathon bersama ITS Indonesia, Royalindo Expoduta dan Idearun Race Management.

"Keistimewaan dari ajang Jakarta Half Marathon ini akan dimulai dari Monas lalu melewati area stasiun MRT, hingga Gedung Asean. Tahun ini merupakan Jakarta Half Marathon pertama dan rencananya untuk ke depannya akan diselenggarakan sebagai program tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," terang Tuhiyat.

Sementara itu, Presiden ITS Indonesia William P. Sabandar menambahkan, ITS Indonesia siap menjadi mitra Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta untuk menyukseskan kegiatan Jakarta Half Marathon 2023.

“ITS Indonesia adalah wadah kolaborasi antara pemerintah, bisnis, masyarakat sipil, dan akademisi dalam mendukung pengembangan transportasi cerdas di Jakarta. Kami mendukung Jakarta Half Marathon dalam rangka memperkenalkan Jakarta sebagai tuan rumah ITS Asia Pacific Forum yang akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2024. ITS Asia Pacific Forum 2024 sendiri merupakan forum transportasi internasional yang dihadiri oleh berbagai negara," ungkap William.
 sinpo

Komentar: