HARGA PANGAN

Harga Telur Ayam di Pasar di Atas Rp 30 Ribu

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 26 Mei 2023 | 01:20 WIB
Telur ayam (SinPo.id/ Pixabay)
Telur ayam (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id -  Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) mengumumkan harga telur ayam berada di atas Rp 30 ribu hingga Rabu 24 Mei 2023. Untuk di wilayah DKI Jakarta, harga telur ayam RP 32.350 per kilogram.

"Beberapa bulan terakhir usaha Pemerintah memang untuk menyiapkan harga yang wajar di tingkat Peternak, Pedagang dan Konsumen," kata Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya pada Kamis 25 Mei 2023.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo menaruh konsentrasi agar harga pangan dijaga tetap wajar dan seimbang di petani/peternak, pedagang dan konsumen.

Upaya menjaga keseimbangan harga telur ini harus dimulai dari hulu karena secara sistematis turut membentuk harga di tingkat hilir. 

“Saat ini di tingkat hulu atau peternak terjadi perubahan biaya produksi, khususnya variabel biaya pakan. Untuk menjaga biaya produksi di tingkat peternak tidak semakin melonjak, kita prioritaskan untuk dilakukan langkah stabilisasi harga pakan,” tambah Arief.

Sejak pekan lalu, harga telur di Jakarta masih di angka Rp 32.350 per kilogram dan sempat menyentuh angka Rp 32.650 per kilogram. Justru di Kalimantan harga telur sempat menginjak harga Rp 34.800 pada Rabu kemarin.

Sedangkan di Papua, harga telur sejak pekan lalu tak berubah di angka Rp 37.100 per kilogram. Di Papua Barat bahkan telur dibanderol Ro 38.700 per kilogram.

Di Pasar Modern, harga telur rata rata nasional mencapai Rp 33.500 per kilogram. Harga grosir pun tak berubah, masih di atas Rp 30 ribu per kilogram.sinpo

Komentar: