DPR Harap MK Putuskan Sistem Proporsional Terbuka untuk Pemilu 2024

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 25 Mei 2023 | 13:14 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Dasco (Sinpo.id/DPR)
Wakil Ketua DPR RI, Dasco (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI, Dasco, berharap agar Hakim Mahkamah Kontitusi (MK) dapat memutuskan sistem proposional terbuka untuk Pemilu 2024 mendatang.

Pasalnya, sistem pemilu tersebut merupakan aspirasi dari sebagian besar masyarakat. Sehingga diharapkan MK dapat mendengar keinginan masyarakat yang telah diwakilkan oleh anggota DPR RI.

"Ya harapan kita kepada hakim MK yang kita sama-sama hormati, marilah kemudian mendengarkan aspirasi sebagian besar masyarakt yang kemudian diwakili oleh para wakil rakyat di DPR seperti kita sama-sama tahu," kata Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis 25 Mei 2023.

"Delapan Fraksi mengharapkan sistem proposiobal terbuka, dan mudah-mudahan ini para hakim MK yang terhormat mendengarkan aspirasi dari masyarakat yang diwakili Fraksi-fraksi di DPR," imbuhnya.

Namun, kata Dasco, apabila nantinya MK justru menetapkan sitem proposional tertutup, maka DPR akan mengambil langkah-langkah berikutnya.

"Ya kan itu keputusan MK itu adalah final dan mengikat, sehingga langkah-langkah selanjutnya perlu nanti kalau seandainya terjadi itu (sistem proposional tertutup), nanti dipikirkan lagi oleh teman-teman di DPR juga," ungkapnya.sinpo

Komentar: