Zelenskiy ke Iran: Kenapa Dukung Rusia?

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 25 Mei 2023 | 11:09 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy (Sinpo.id/AFP)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy (Sinpo.id/AFP)

SinPo.id -  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mendesak Iran untuk mempertimbangkan kembali pengiriman pasokan pesawat nirawak yang mematikan kepada Rusia.

Pasalnya, drone Shahed buatan Iran yang dipasok ke Moskow telah memainkan peranan penting dalam serangan Rusia terhadap di Ukraina.

"Pertanyaan sederhananya adalah apa yang membuat Anda tertarik menjadi kaki tangan teror Rusia?" kata Zelenskiy dalam pidato videonya dilansir dari Reuters, Kamis, 25 Mei 2023.

Meskipun Zelenskiy mengatakan pertahanan udara Kyiv saat ini ahli dalam menjatuhkan semua pesawat nirawak, namun kecemasan penggunaan senjata tersebut tetap ada.

"Apa keuntungan bagi Iran dari pembunuhan sinis seperti itu? Oleh tangan Rusia, tetapi dengan senjatamu yang meneror Ukraina setiap malam, hanya berarti rakyat Iran didorong semakin dalam ke sisi gelap sejarah," imbuhnya.

Seperti diketahui, Rusia telah meningkatkan kerja sama militernya dengan Iran sejak meluncurkan invasi ke tetangganya pada Februari 2022.

Iran awalnya membantah memasok drone Shahed ke Rusia, tetapi kemudian mengatakan senjata tersebut pernah diberikan sebelum konflik Rusia-Ukraina dimulai.sinpo

Komentar: