ELEKTABILITAS GERINDRA

Elektabilitas Moncer, Dasco: Gerindra Terus Bekerja Hingga ke Lapisan Bawah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 24 Mei 2023 | 21:13 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco memastikan hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan elektabilitas partainya dan Ketua Umum Prabowo Subianto di posisi teratas tak akan membuat kader jemawa. Gerindra akan terus bekerja hingga ke lapisan paling bawah.

"Saya sering kali ngomong kepada teman-teman kader Partai Gerindra untuk kita terus bekerja di lapisan paling bawah mendekat kepada rakyat," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

Dasco menjelaskan kader Gerindra harus terus bergerak karena hasil survei bersifat fluktuatif. Dia menyebut hasil survei bergantung pada situasi, termasuk perkembangan dinamika politik.

"Sebenarnya kalau menurut saya elektabilitas itu kan fluktuatif kadang naik kadang turun tergantung situasi dan tentunya seiringan dengan perkembangan dinamika politik termasuk juga dukungan berbagai pihak," kata dia.

Dasco juga menyatakan tren elektabilitas positif itu tak lepas dari kedekatan Prabowo dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apalagi, Prabowo saat ini masih berada di pemerintahan sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Karena kita tahu kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah saat ini semakin tinggi dan kita sama-sama tahu bahwa pak Prabowo adalah bagian dari pemerintahan," kata dia.

Hasil survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan Prabowo sebagai sosok calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi. Prabowo juga unggul dalam simulasi head to head dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Mantan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Litbang Kompas melakukan survei tersebut sejak Januari 2022 hingga Mei 2023. Berdasarkan hasil survei sebanyak 62 persen masyarakat menginginkan Prabowo menjadi presiden ketimbang Anies yang hanya mendapat 38 persen suara.

Prabowo juga menang saat melawan Ganjar dengan dukungan masyarakat sebanyak 51,1 persen dibandingkan Ganjar 48,9 persen suara.

 sinpo

Komentar: