KPK: Penggeledahan Gedung Kemensos Terkait Dugaan Korupsi Bansos Beras 2020

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 24 Mei 2023 | 00:00 WIB
Ilustrasi KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Ilustrasi KPK/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id -  Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan upaya penggeledahan gedung Kementerian Sosial (Kemensos) terkait dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) beras Kemensos. Menurut dia, upaya itu dilakukan 
dalam proses pengumpulan barang bukti.

"KPK saat ini masih terus melakukan proses penyidikan perkara dimaksud," kata dia pada Selasa 23 Mei 2023.

Dia menjelaskan, KPK berupaya mengumpulkan dan melengkapi alat bukti yang dikami miliki terkait dugaan tindak pidana korupsi penyaluran bansos berupa beras untuk program keluarga harapan tahun 2020 sampai 2021 di Kementerian Sosial.

Hingga kini, kata dia, KPK masih melakukan penyidikan dan akan menjelaskan duduk perkara kasus tersebut ketika semua bukti telah terkumpul. Namun, dia belum memerinci barang bukti yang telah disita penyidik. 

"Pada saatnya nanti kami pasti akan sampaikan pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkara ini secara utuh dan lengkap, termasuk pasal-pasal yang diterapkan," tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, salah satu ruangan yang digeledah ialah ruang kerja Sekretariat Ditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos. KPK belum berkomentar soal penggeledahan itu.

Kasus ini diduga terkait penyidikan dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras untuk KPM PKH Tahun 2020 sampai dengan 2021 di Kemensos RI.

KPK sudah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Salah satu tersangkanya disebut-sebut ialah Kuncoro Wibowo yang sempat menjabat sebagai direktur utama BUMN dalam bidang logistik, Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistic selama 3,5 tahun sampai Desember 2021 lalu.

Saat menjabat sebagai Dirut BGR Logistics, ia bertanggung jawab terhadap distribusi bantuan sosial sembako milik Kementerian Sosial sebanyak 1,65 juta paket.

BGR Logistics juga berperan penting dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Diduga, kasus yang menjerat Kuncoro terkait jabatannya sebagai Dirut BGR Logistics. Sebab, kasus dugaan korupsi ini terjadi dalam kurun waktu 2020 sampai dengan 2021 di Kemensos.

Terkait status tersangka tersebut, Kuncoro belum memberikan pernyataan ke publik. Ia sempat menjabat Dirut Transjakarta sekitar dua bulan sebelum akhirnya mundur.sinpo

Komentar: