Subsidi Kendaraan Listrik

Demokrat Soroti Subsidi Kendaraan Listrik: Bukan untuk Rakyat Miskin yang Membutuhkan

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 23 Mei 2023 | 16:14 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Rizki Aulia Rahman Natakusumah. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Rizki Aulia Rahman Natakusumah. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Fraksi Partai Demokrat menyatakan bahwa kebijakan subsidi kendaraan listrik yang dijalankan pemerintah kontraproduktif dengan upaya membangun infrastruktur ramah lingkungan dan mendukung transportasi massal demi mendukung pergerakan masyarakat.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Rizki Aulia Rahman Natakusumah menyatakan bahwa kebijakan tersebut terlihat menyasar pada kelompok pengusaha, bukan kepada masyarakat miskin.

"Di sisi lain pemberian subsidi untuk kendaraan listrik pribadi justru kontra produktif. Karean seolah-olah subsidi diberikan kepada pengusaha, bukan kepada rakyat miskin yang membutuhkan," kata Rizki dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa 23 Mei 2023.

Ia pun menyampaikan bahwa 2024 merupakan tahun politik. Oleh karena itu, Rizki bilang, Fraksi partai Demokrat akan bekerja memastikan agar pemerintah tetap fokus untuk kepentingan rakyat dan keberlanjutan skala prioritas.

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan penyesuaian anggaran untuk mempersiapkan pengamanan jelang Pemilu 2024.

"Dalam hal ini, automatic adjustment dalam anggaran dapat dilakukan, namun jangan sampai keberlanjutan program prioritas kemudian menjadi tergangu dan tidak terarah," ujar anggota Komisi I DPR RI itu.

Ia juga berkata, fraksinya meminta pemerintah mendukung pemberdayaan UMKM serta memperkuat industri hilir agar dapat membantu UMKM terus berkembang dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif yang kemudian dapat merangsang daya beli masyarakat.sinpo

Komentar: