KENAIKAN HARGA TELUR

Kenaikan Harga Telur, Polri: Penyebabnya Harga Pangan Ayam Ternak Naik dan Langka

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 22 Mei 2023 | 15:55 WIB
Telur ayam (SinPo.id/ Pixabay)
Telur ayam (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Satgas Pangan Polri bergerak menyelidiki penyebab harga telur yang melonjak hingga Rp40 ribu per kilogram. Hal itu, merupakan komitmen Polri demi kepentingan masyarakat. 

Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut bahwa berdasarkan penyelidikan Satgas Pangan Polri, penyebab harga telur melonjak lantaran harga pangan ayam ternak yang juga mengalami kenaikan. 

"Naiknya harga telur ayam disebakan harga pakan ayam yang naik atau bahan baku jagung untuk ternak dan kedelai mengalami kenaikan dan kelangkaan," ujar Ramadhan dalam keterangannya, Senin, 22 Mei 2023.

Kemudian, kata Ramadhan, faktor lain yang menyebabkan harga telur melonjak, yaitu adanya biaya transportasi yang mengalami kenaikan. "Selain itu biaya transportasi atau angkutan mengalami kenaikan," imbuhnya.

Untuk itu, menurut Ramadhan, Satgas Pangan Polri akan berkoordinasi dengan pihak asosiasi peternak ayam bertelur untuk mencari solusi agar harga telur tidak terus melonjak. 

"Satgas Pangan Polri dan jajaran melakukan upaya pengecekan ke pabrik atau produsen pakan ternak khususnya ternak ayam dan berkomunikasi dengan asosiasi peternak ayam petelur untuk mengetahui penyebab melonjaknya harga telur ayam," kata Ramadhan. sinpo

Komentar: