Rugi Terus, Toko Buku Gunung Agung Bakal Tutup Seluruh Outlet Tahun Ini

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 22 Mei 2023 | 08:22 WIB
Gerai Toko Buku Gunung Agung di Tangerang City Mal. (SinPo.id/Instagram @gunungagung)
Gerai Toko Buku Gunung Agung di Tangerang City Mal. (SinPo.id/Instagram @gunungagung)

SinPo.id - PT GA Tiga Belas atau Toko Buku Gunung Agung akan menutup seluruh outlet atau gerai toko buku pada akhir 2023 ini. Langkah ini dilakukan lantaran perusahaan tak bisa bertahan dari kerugian besar.

Sebelumnya, toko buku legendaris ini disebut-sebut melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal kepada ratusan pegawainya.

Sebenarnya, penutupan sebagian outlet sudah dilakukan sejak 2020. Beberapa outlet yang sudah ditutup itu antara lain berada di Surabaya, Semarang, Gresik, Magelang, Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

Kabar terbaru, manajemen memastikan akan menutup seluruh outlet yang tersisa pada 2023 ini. Keputusan ini terpaksa dilakukan karena biaya operasional tidak bisa ditutup dari pendapatan penjualan buku.

"Keputusan ini harus kami ambil karena kami tidak dapat bertahan dengan tambahan kerugian operasional per bulannya yang semakin besar," kata manajemen PT Gunung Agung Tiga Belas dalam keterangan resminya pada Minggu, 21 Mei 2023.

Namun begitu, manajemen membantah bahwa kerugian perusahaan semata karena dampak pandemi Covid-19. Toko Buku Gunung Agung disebut sudah mengalami kerugian bisnis sejak beberapa tahun sebelum pandemi Covid-19.

"Dan tidak sebanding dengan pencapaian penjualan usaha setiap tahunnya, yang mana semakin berat dengan terjadinya wabah pandemi Covid-19 di awal tahun 2020," tulis manajemen.sinpo

Komentar: