PERINGATAN HBDI

Peringati HBDI, IDI Gelar 500 Baksos Medis di Seluruh Indonesia

Laporan: Sinpo
Minggu, 21 Mei 2023 | 14:20 WIB
Ilustrasi dokter (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi dokter (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, dokter Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga turut memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI). Peringatan HBDI untuk mengenang para dokter yang telah membangkitkan semangat perjuangan pada 20 Mei 1908.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) DR dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT mengatakan, tema perayaan HBDI Ke-115 tahun 2023 ini adalah ‘Dokter Indonesia untuk Rakyat Indonesia’. Lewat momentum Hari Bakti Dokter Indonesia ke 115 tahun, PB IDI mengajak seluruh dokter Indonesia tidak hanya menjadi agent of treatment, namun harus mampu menularkan nilai profesi dan kecendikiawanannya sebagai agent of change di tengah gempuran narasi yang nirfakta.

Menurutnya, edukasi yang konsisten dan pelayanan yang berkesinambungan, akan menciptakan manusia Indonesia yang cerdas, sehat dan sejahtera sehingga mampu bersama memecahkan berbagai masalah.

"Pun sebagai agent of development, dokter Indonesia dapat terus berkarya sesuai kemajuan tekhnologi dan sumber daya, yang akhirnya akan bermuara pada kebijakan programatik untuk masyarakat," kata Adib dalam keterangannya, Minggu, 21 Mei 2023.

“Momentum HBDI ini para sejawat saling berjumpa dan melayani bersama. Bagaimana peran para dokter anggota IDI yang berkolaborasi bersama para tenaga kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan lainnya akan terlihat sangat kuat di masa ini," ucapnya di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kolaborasi ini, kata Adib, akan memacu untuk bersama membangun kesehatan di wilayah masing-masing. Hal ini juga menjadi bahwa dokter dan tenaga kesehatan selalu menjadi mitra utama strategis bagi pemerintah dan masyarakat, mengabdi kepada daerah dan wilayah.

"Kami yakin acara HBDI ini semakin bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan kesolidan para dokter karena tantangan kesehatan kedepan akan jauh lebih banyak,” katanya.

Wali Kota Banjar Baru H. M. Aditya Mufti Ariffin sangat mengapresiasi pelaksanaan puncak kegiatan HBDI di Kalimantan Selatan yang diadakan oleh IDI. selain itu, Aditya juga menyampaikan apresiasi tinggi atas kerja keras para tenaga kesehatan, utamanya para dokter yang berada dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Saya memahami betapa berat perjuangan para dokter sekalian dan tenaga kesehatan lainnya yang berjuang di garda terdepan utuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat,” kata Aditya.

Ketua IDI Wilayah Kalimantan Selatan dr Sigit Prasetia Kurniawan, Sp.PD, K-HOM, FINASIM mengatakan, HBDI akan berpusat di lima area di wilayah Kalimantan Selatan yakni; Desa Pandahan Kec. Bati-bati Tanah Laut, Desa Margasari Kec. Candi Laras Selatan Tapin, Loksado dan Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan dan Q-Mall Banjarbaru pada Hari Jumat-Minggu, 19-21 Mei 2023. 

Kegiatan yang dilakukan antara lain pengobatan gratis dokter spesialis, pembangunan sumber air bersih, pembangunan jamban sehat, penyuluhan dan skrining kesehatan, bakti sosial, sunatan massal, donor darah, serta berbagai sarasehan percepatan penanganan stunting di Indonesia.
 
"Kegiatan ini menjadi pembuka serangkaian kegiatan HBDI yang akan dilakukan di lebih dari 500 area di seluruh Indonesia yang akan dilakukan oleh 34 IDI wilayah dan 456 IDI cabang se-Indonesia," jelas Sigit.sinpo

Komentar: