PENGHIJAUAN JAKARTA

Kurangi Emisi, Pemprov DKI Jakarta Gencarkan Penghijauan

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 19 Mei 2023 | 16:55 WIB
Gerakan penghijauan di Jakarta (SinPo.id/ PPID DKI)
Gerakan penghijauan di Jakarta (SinPo.id/ PPID DKI)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menggencarkan penghijauan di kawasan Ibu Kota sebagai langkah adaptasi perubahan iklim. Melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Pemprov DKI Jakarta menanam tumbuhan hijau untuk mengurangi polusi udara dan emisi.

"Iklim kita kan semakin panas, termasuk juga Jakarta yang harus mengejar untuk menurunkan emisi. Nanti manfaatnya bukan zaman saya, manfaatnya nanti 4-5 tahun ke depan saat pohonnya sudah tumbuh," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangannya, Jumat 19 Mei 2023.

"Jadi gerakan ini bisa mengurangi emisi, bisa mengurangi panas bumi yang semakin meningkat," tambahnya.

Heru juga menganjurkan kepada seluruh petugas hingga tingkat kelurahan untuk semakin gencar menanam bibit pohon produktif di sekitar lingkungannya masing-masing. Sebab, selain bisa berdampak untuk kelestarian lingkungan, upaya tersebut juga berguna bagi ketahanan masyarakat sekitar.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terlibat aktif dalam melakukan penghijauan, baik di kawasan lingkungan sekitar tempat tinggal maupun di lingkungan lain yang diketahui masih kosong dan belum dimanfaatkan dengan optimal.sinpo

Komentar: