Jokowi-Prabowo Mesra Usai Musra, Pengamat: Makin Intens dan Kompak

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 17 Mei 2023 | 10:54 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi saat menanam bakau (Sinpo.id/Biro Setpres)
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi saat menanam bakau (Sinpo.id/Biro Setpres)

SinPo.id -  Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam menyoroti kedekatan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman Wisata Alam (TWA) Angke, Jakarta, Senin 15 Mei 2023.

Menurutnya, Prabowo dan Jokowi kian mesra lantaran kegiatan itu dihelat sehari setelah Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia digelar pada Minggu, 14 Mei 2023.

"(Prabowo-Jokowi) Makin intens dan kompak," ujar Arif Nurul Imam kepada Sinpo.id, Rabu, 17 Mei 2023.

Arif bahkan menilai hubungan keduanya bukan sebatas personal, tapi juga kedekatan politik jelang Pemilu 2024 mendatang.

"Saya kira kedekatan Jokowi dengan Prabowo bisa ditafsirkan selain kedekatan personal juga kedekatan politik. Kedekatan politik yang dimaksud adalah dalam konteks Pilpres 2024," kata Arif.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada 15 Mei 2023 kemarin, kompak 'nyemplung' ke air untuk menanam pohon bakau di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Jokowi dan Prabowo menghadiri acara puncak penanaman mangrove secara serentak di Indonesia tahun 2023.

Sebelumnya jajaran TNI sudah melakukan penanaman mangrove secara nasional di 370 titik penanaman dengan 1.100.169 jumlah bibit.

Jokowi dan Prabowo datang bersamaan ke lokasi acara. Teriakan dan tepuk tangan prajurit TNI dan anggota Polri menyambut kehadiran dua tokoh itu.

Jokowi melempar salam ke prajurit TNI-Polri yang sudah berendam sejak siang. Lalu, ia ikit berendam untuk menanam pohon bakau.

Tak lama kemudian, Prabowo juga ikut turun ke air. Prajurit bersorak semakin ramai saat Prabowo mulai turun ke air. Mereka pun mulai menanam pohon bakau.
sinpo

Komentar: