pemilu 2024

Fahri Hamzah: Pemilu 2024 Harus Terbuka, Biar Semua Caleg Tempur

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 15 Mei 2023 | 13:03 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah (SinPo.id/Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah menyatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 harus berlangsung dengan sistem proporsional terbuka.

Pernyataan itu disampaikan Fahri usai secara resmi telah menyerahkan sebanyak 15.587 bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Gelora Indonesia dari 19.962 kursi yang tersedia untuk semua daerah pemilihan (Dapil), baik DPR RI Pusat, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten se-Indonesia, secara serentak, pada Minggu, 14 Mei 2023) kemarin.

Ia berharap Mahkamah Konstitusi (MK) menolak usulan penerapan sistem proporsional tertutup yang diajukan sejumlah kader partai politik dan empat perseorangan warga negara. Menurutnya, sistem proporsional terbuka jauh lebih baik.

"Makanya saya berharap semoga sistemnya terbuka, biar semua caleg tempur," kata Fahri lewat keterangan tertulisnya pada Senin, 15 Mei 2023.

Lebih lanjut, Fahri mengaku sangat terharu menyaksikan perjalanan kawan-kawan di seluruh Indonesia dalam menyukseskan proses pendaftaran bacaleg Pemilu 2024.

"Saya sangat terharu menyaksikan kawan-kawan 'Sahabat Gelora', yang bertekad mensukseskan pendaftaran caleg. Mereka bermalam di KPU sampai perbaikan selesai. Karena hanya dikasi waktu 2x24 jam," tutup Fahri.sinpo

Komentar: