PILPRES 2024

Di Hadapan Relawan Jokowi Ungkap Kriteria Capres 2024, yang Berani dan Kuat

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 14 Mei 2023 | 15:19 WIB
Presiden Joko Widodo di Musra Indonesia (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Presiden Joko Widodo di Musra Indonesia (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan kriteria calon presiden (Capres) pada puncak Musyawarah Rakyat (Musra) yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

Jokowi mengungkapkan Indonesia adalah negara yang besar. Oleh karena itu, ke depan Indonesia membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan paham memajukan negara.

"Rakyat Indonesia butuh pemimpin yang tepat, pemimpin yang benar, yang dekat dengan rakyat yang paham hati rakyat, yang tahu kebutuhan rakyat, yang mau bekerja keras untuk rakyat. Itu yang dibutuhkan dan pemberani, yang berani demi rakyat," kata Jokowi di hadapan relawan, Minggu 14 Mei 2023.

Dengan menggebu-gebu, Jokowi menyampaikan kriteria capres selanjutnya, yaitu pemimpin harus paham dan tahu potensi kekuatan negara dan bangsa ini.

Mantan Walikota Solo ini berharap, Presiden penggantinya mampu memanfaatkan peluang yang ada, tidak hanya duduk di Istana menjalankan rutinitas semata.

"Pemimpin harus tahu dan paham, memajukan negara ini dari sisi mana dan mampu memanfaatkan peluang yang ada bukan rutinitas, bukan hanya duduk di istana dan rutinitas tanda tangan, bukan itu" ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menilai pemimpin harus paham dalam membangun strategi ekonomi dan politik. Sebab, Indonesia akan berhadapan dan berkompetisi dengan negara lain.

"Karena kita bersaing dengan negara lain, kita berkompetisi dengan negara lain," tandasnya.sinpo

Komentar: