280 WNI Masih di Sudan, Gus Imin: Pastikan Mereka Aman dan Selamat

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 06 Mei 2023 | 16:14 WIB
Muhaimin Iskandar/Sinpo.id/Tim Media
Muhaimin Iskandar/Sinpo.id/Tim Media

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mengapresiasi langkah cepat pemerintah dalam memberikan proses evakuasi kepada masyarakat yang ada di Sudan.

Diketahui hingga saat ini proses evakuasi sudah berjalan sebanyak empat kali dengan total WNI yang sudah dipulangkan mencapai 929 orang.

"Saya mengapresiasi langkah cepat pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri dan TNI dalam memulangkan saudara-saudara kita dari Sudan," kata pria yang akrab disapa Gus Imin, Jumat, 5 Mei 2023.

Gus Imin meminta pemerintah untuk tetap melakukan proses evakuasi kepada WNI yang masih terjebak di daerah konflik, mengingat berdasarkan data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartum, masih 280 WNI lainnya belum ada dievakuasi hingga saat ini.

"Ya secara bertahap harus terus dilakukan (evakuasi), kita harus memastikan mereka yang masih di Sudan aman dan selamat sembari menunggu proses evakuasi," terang Gus Imin.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendorong Pemerintah memastikan kebutuhan WNI seperti keamanan dan ketersediaan fasilitas listrik dan air serta persediaan logistik yang mencukupi bagi WNI yang telah dievakuasi serta memberikan pelayanan pengobatan.

"Terutama untuk yang anak-anak ya, saya kira perlu trauma healing kepada anak-anak yang menjadi korban dalam konflik di Sudan sebelum mereka kembali ke kampung halaman," ujar Gus Imin.sinpo

Komentar: