KASUS COVID-19

Puan Maharani: Tak Perlu Panik Kenaikan Kasus Covid-19

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 05 Mei 2023 | 01:38 WIB
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta masyarakat waspada terhadap penyebaran kasus Covid-19. Menurut dia, tidak perlu takut dan panik terhadap peningkatak kasus Covid-19.

“Masyarakat tak perlu panik. Kenaikan kasus harus menjadi pengingat bahwa virus Covid-19 masih ada. Dan kita harus bisa beradaptasi untuk hidup di tengah-tengah Covid-19. Kalau nantinya status pandemi ini berakhir, virus penyebab penyakit ini bukan berarti hilang. Tapi tidak perlu khawatir yang berlebihan karena infrastruktur kesehatan kita untuk melawan Covid-19 juga sudah lebih siap,” kata Puan, Kamis 4 Mei 2023.

Ia mengatakan, tindakan preventif lebih baik dibandingkan mengobati. Sehingga masyarakat diimbau untuk tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya di tempat-tempat yang tingkat kerumunannya tinggi.

Di samping itu, Puan juga mengajak masyarakat untuk melengkapi vaksin booster Covid-19 guna mengurangi potensi risiko dampak virus. Terlebih saat ini Pemerintah juga tengah menambah jenis vaksinasi booster buatan dalam negeri bernama Indovac.

“Saya juga mengajak masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi booster untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan. Penerimaan booster tambahan dapat memperkuat proteksi dari Covid-19, khususnya sub varian Arcturus,” paparnya.

Tercatat kasus Covid-19 pada awal bulan Mei 2023 mencapai 2.647 kasus dalam sehari, di mana kasus aktif telah menyentuh angka 14.205. Kenaikan kasus tersebut tertinggi dalam 10 bulan terakhir dan dipengaruhi oleh positivity rate yang meningkat menjadi 14,76 persen. sinpo

Komentar: