KEUANGAN REGIONAL

Menkeu dan Gubernur Bank Sentral Negara ASEAN+3 Komitmen Perkuat Keuangan Regional

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 04 Mei 2023 | 19:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/ Setkab)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, bersama dengan Gubernur Bank Sentral Negara Anggota ASEAN+3, berkomitmen untuk memperkuat kerja sama keuangan regional.

Hal itu dilakukan dengan memperkuat dialog kebijakan mengenai perkembangan terkini dan prospek ekonomi global dan regional, serta respons kebijakan terhadap risiko dan tantangan ke depan.

“Komitmen tersebut merupakan hasil kesepakatan dari Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara Anggota ASEAN+3 (the ASEAN+3 Finance Ministers’ and Central Bank Governors Meeting/AFMGM+3), yang diadakan pada 2 Mei 2023 di Incheon, Korea Selatan,” kata Juru Bicara Kemenkeu, Yustinus Prastowo, Rabu 3 Mei 2023.

Pada pertemuan tersebut, Menkeu juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi ASEAN+3 yang kuat sebesar 3,2 persen pada tahun 2022, terlepas dari efek pandemi COVID-19 yang masih ada dan konflik Rusia-Ukraina yang meningkat menjadi krisis.

"Sementara itu, gejolak sektor perbankan baru-baru ini di AS dan Eropa memiliki dampak rambatan yang terbatas di kawasan ASEAN+3," ungkapnya.

Oleh karena itu, Indonesia harus tetap waspada, meskipun ke depannya, ekonomi di kawasan ASEAN+3 diperkirakan akan tumbuh sebesar 4,6 persen pada tahun 2023, dipacu oleh permintaan domestik yang kuat karena pemulihan ekonomi yang terus menunjukkan perbaikan.

 sinpo

Komentar: