NETRALITAS ASN

Jelang Tahun Politik, Jaksa Agung Imbau Jajarannya Jaga Netralitas

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 04 Mei 2023 | 16:20 WIB
Jaksa Agung  ST Burhanuddin (SinPo.id/ Ashar)
Jaksa Agung  ST Burhanuddin (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Jaksa Agung ST Burhanuddin mengimbau kepada seluruh Korps Adhyaksa dan keluarga untuk senantiasa menjaga dan memelihara netralitasnya, dengan tidak menunjukkan keberpihakan kepada para peserta kontestasi pemilihan yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang. Dia meminta jajarannya waspadai semua ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang berpotensi akan terjadi dalam semua tahapan pemilihan.

“Laksanakan dan tingkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait serta unsur anggota Sentra Penegakan Hukum Terpadu jika terdapat pelanggaran dalam tahapan pelaksanaan pemilihan yang sedang dan akan berlangsung," ujar Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 4 Mei 2023.

Burhanuddin meminta untuk menjaga suasana tetap kondusif selama perhelatan kontestasi politik di Indonesia pada 2024 mendatang.

"Laksanakan penegakan hukum yang tidak memihak (imparsial) serta bebas dari kepentingan politik tertentu,” tuturnya.

Burhanuddin pun angkat bicara ihwal rilis survei Indikator Politik Indonesia pada 30 April 2023, yang menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik kepada Kejaksaan berada di level tertinggi, yaitu mencapai 80,6 persen dan menempatkan Kejaksaan di posisi tertinggi di antara lembaga penegak hukum lainnya. 

“Jangan sampai capaian ini membuat kita jemawa sebagai manusia," kata Burhanuddin.

Dia menambahkan, pencapaian ini bukanlah sesuatu yang mudah, justru mempertahankan atau meningkatkannya justru akan jauh lebih sulit. "Jaga dan tingkatkan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat. Jangan justru kita khianati dan disia-siakan,” ujarnya.sinpo

Komentar: